header marita’s palace

Mau Bikin Tema Presentasi yang Menarik? Wajib Tahu 5 Tips Desain Powerpoint Ini!

tema presentasi yang menarik
Pemanfaatan powerpoint adalah sesuatu yang sangat umum di dunia kerja atau pendidikan untuk membuat tema presentasi yang menarik. Hampir di setiap presentasi, powerpoint menjadi tools yang sangat diandalkan. Akan tetapi, tahukah kamu kalau ada beberapa tips desain powerpoint yang tidak boleh diabaikan?

Banyak orang menganggap bahwa keberhasilan presentasi tergantung pada kemampuan public speaking si pembicara. Hal ini tentu saja tidak salah. Namun, jika kamu ingin membuat presentasi yang menarik dan powerful, desain powerpoint tidak boleh diremehkan.

5 Cara Membuat Tema Presentasi yang Menarik

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat tema presentasi yang menarik secara visual. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:
 

1. Buat Kerangka Presentasi yang Jelas

Sebelum membuat presentasi, tidak ada salahnya untuk membuat kerangka presentasi terlebih dahulu. Tentukan bagian awal, tengah, dan akhir pada presentasimu. Cara ini membantumu agar presentasi yang dibawakan menjadi lebih sistematis.

Pada bagian awal, teman-teman kongkow bisa menyisipkan skenario atau pertanyaan pembuka yang menarik. Dan di bagian akhir, kamu bisa menutup presentasi dengan sebuah call to action. Jika presentasimu berisi informasi, coba deh menutupnya dengan pertanyaan atau kuis sederhana.
 

2. Gunakan Desain Minimalis dan Simpel

Slide adalah pendamping dari presentasi yang akan dibawakan. Karena itu, pastikan slide tersebut tidak membuat audiens terdistraksi. Slide minimalis dan sederhana sudah sangat baik dan menarik. Hindari menggunakan desain, warna, atau teks yang banyak dan berlebihan.

Sebaiknya, gunakan tidak lebih dari 3 warna saja pada keseluruhan slide. Latar belakang netral atau putih bisa menjadi pilihan yang tepat. Kemudian, pastikan untuk menggunakan bentuk font sederhana tanpa banyak ornamen.
tips desain powerpoint

3. Hindari Penggunaan Teks Berlebihan

Salah satu kesalahan umum dalam membuat desain powerpoint adalah meletakkan seluruh penjelasan di slide. Sehingga, presentasimu tidak lebih dari membaca isi slide yang ditampilkan. Sayangnya, hal ini justru membuat audiens terdistraksi dan tidak fokus pada apa yang akan kamu sampaikan.

Karena itu, cobalah untuk meminimalisir teks yang tampil di layar. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan kalimat singkat atau kata kunci saja. Dengan begitu, audiens akan lebih tertarik dan fokus padamu dan materi yang disampaikan.
 

4. Gunakan Gambar yang Representatif

Penggunaan gambar bisa membuat presentasi temen kongkow menjadi jauh lebih menarik. Carilah gambar dengan kualitas baik dan menarik untuk dilihat. Pastikan gambar yang kamu pilih sesuai dengan apa yang ingin disampaikan pada slide tersebut, pals.
 

5. Gunakan Grafik atau Bagan yang Informatif

Jika presentasi berisi banyak informasi, kamu bisa menyajikannya dalam bentuk grafik atau bagan. Umumnya, grafik atau bagan bisa membantumu menyampaikan banyak informasi dengan tampilan yang lebih sederhana.

Itulah beberapa cara yang bisa sohib kongkow terapkan agar presentasi jadi lebih menarik. Membuat desain powerpoint yang menarik memang cukup memakan waktu. Jika kamu tidak memiliki cukup waktu untuk membuat powerpoint sendiri, tidak usah khawatir. Kamu bisa memanfaatkan jasa freelancer di Fastwork.
situs freelancer online terbaik

Fastwork merupakan salah satu situs freelancer online terbaik di Indonesia. Di Fastwork, temen kongkow bisa menemukan jasa desainer power point dengan tarif yang kompetitif. Para freelancer di sini juga telah terbiasa menangani berbagai project profesional, pals. Sehingga, pekerjaan yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi.

Untuk menemukan freelancer yang tepat, cuzz langsung main-main aja ke https://fastwork.id/presentation. Kemudian, klik tombol “Carikan Saya Freelancer”. Selanjutnya, kamu tinggal pilih freelancer desain powerpoint yang paling sesuai dengan kebutuhan. Semoga membantu dalam membuat tema presentasi yang menarik, pals!

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Nah ini biasanya yang jadi masalah saat mau kasih materi jadi harus otak-atik ppt sedemikian rupa agar menarik dan materi dapat disampaikan dengan baik. Apalagi kalau waktu mepet, hehe gak sempat memikirkan buat ppt menarik, ini solusinya. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete