header marita’s palace

Traveloka PayLater Jujur Guna Banget Buat Blogger, Ini 7 Alasannya!

1 comment
Konten [Tampil]
traveloka paylater jujur guna banget
Traveloka PayLater jujur guna banget buat blogger itu bukan hal yang dibesar-besarkan. Tahu sendiri kan blogger itu masuk dalam jenis pekerjaan freelance? Artinya, pendapatan tiap bulannya tidak bisa dipatok berapa jumlahnya.

Ada kalanya dalam satu bulan jumlahnya besar, ada kalanya bahkan nggak ada pemasukan sama sekali. Tak sekali dua kali aku mengalami bagaimana perihnya menanti invoice cair. Dijanjikan tanggal sekian, eh ditunggu-tunggu nggak ada hilalnya di rekening. Alias nihil.

Padahal sudah kadung janji sama anak untuk staycation. Rasanya sedih banget melihat mata anak-anak yang tadinya berbinar harus pelan-pelan meredup karena staycation yang direncanakan terpaksa dibatalkan.

Sementara arrange waktu untuk staycation nggak gampang juga. Harus menyesuaikan waktu libur ayahnya lagi.

Dalam keluarga kami memang sudah ada perjanjian tidak tertulis, untuk urusan di luar kebutuhan harian, bulanan dan sekolah anak-anak, biasanya menggunakan uang yang aku sisihkan dari pendapatan sebagai blogger.

Nah, kalau invoice nggak keluar sesuai jadwal, gimana dong solusinya? Dulu sih bingung, tapi sejak kenal dengan Traveloka PayLater nggak lagi dong.

Traveloka PayLater Apaan Sih?

apa itu Traveloka PayLater
Traveloka PayLater adalah sebuah layanan keuangan hasil kerja sama antara Traveloka dengan Caturnusa Sejahtera Finance. Layanan ini memungkinkan kita untuk membayar segala pembelian produk di Traveloka dengan jangka waktu 1 – 12 bulan.

Jika selama ini fasilitas pembelian dengan metode cicilan hanya bisa dilakukan jika kita memiliki kartu kredit, dengan adanya PayLater, nggak ada kartu kredit pun tetap bisa melakukan pembayaran cicilan.

Mengusung tagline “Beli Dulu, Bayar Belakangan”, kita bisa membeli atau memesan produk-produk yang dibutuhkan dengan bantuan PayLater. Sekurang-kurangnya sebulan kemudian kita bisa membayar cicilan atas dana yang sudah kita gunakan.

Pasti penasaran ya, apa saja sih produk-produk yang bisa dibayar menggunakan PayLater? Hampir semua produk yang ada di Traveloka bisa banget dibayar pakai PayLater, kecuali tagihan dan isi ulang seperti pulsa dan paket internet, pembelian voucher game, kartu kredit, angsuran kredit, dan uang elektronik.

Berikut ini produk-produk Traveloka yang bisa dibeli menggunakan PayLater:
  • Reservasi Kamar Hotel
  • Tiket Pesawat
  • Tiket Kereta Api
  • Tiket Bus & Shuttle
  • Tiket Atraksi & Aktivitas
  • Rental Mobil
  • Restoran
  • Bioskop
  • Transportasi Bandara
  • Kereta Bandara
  • Tagihan BPJS Kesehatan
  • Tagihan listrik PLN
  • Tagihan Telkom (Landline & IndiHome)
  • Tagihan TV Kabel (MNC Vision, Trans Vision, K-Vision, & Topaz TV)
  • Kartu Pulsa Pascabayar (Kartu Halo, XL Prioritas, & Indosat Pascabayar)
  • Bayar Asuransi (ACA & Tokio Marine)
Aku sendiri sangat terbantu dengan adanya PayLater dari Traveloka karena nggak perlu lagi menggeser jadwal staycation meski invoice belum terbayar. Manfaatkan dulu fitur PayLater, pas invoice cair baru deh dibayar.

Apa nggak takut anggaran jadi bocor ke mana-mana? Atau jadi kebiasaan buat menimbun hutang? Eits, aku punya tips biar kekhawatiran teman kongkow nggak jadi kenyataan.

Tips Menggunakan PayLater dengan Bijak

Sebenarnya nih barang atau layanan apa saja pasti ada baik buruknya. Nggak usah deh PayLater, hp aja pasti ada sisi positif dan negatifnya kan? Tinggal bagaimana kita sebagai pengguna mampu mengelola hp tersebut secara positif atau malah digunakan untuk hal-hal yang menghasilkan keburukan.

Begitu juga dengan PayLater. Di tangan yang tepat, PayLater bisa memiliki lebih banyak manfaat daripada keburukannya, dengan catatan:
tips anti bocor pakai Traveloka PayLater
  • Gunakan di saat mendesak. Tanda mendesak adalah jika itu terkait kebutuhan, bukan sekadar keinginan atau mengejar gaya hidup.
  • Punya dana ekstra untuk melakukan cicilan. Jangan sampai kita nekat menggunakan PayLater, padahal nggak punya pemasukan sama sekali.
Menurutku sih bila dua poin penting di atas kita pegang baik-baik, insya Allah nggak bakal ada bocor di sana-sini kok. Tentunya dibantu juga dengan adanya fitur unggulan yang ada di Traveloka PayLater. Memang apa aja sih fitur unggulan tersebut?

7 Alasan Kenapa Traveloka PayLater Jujur Guna Banget buat Blogger

Nah, buat yang penasaran kenapa kubilang Traveloka PayLater jujur guna banget buat blogger, ini dia tujuh alasannya.

1. Membantu Kebutuhan Mendesak

Pernah one day ada sebuah job untuk mengulas sebuah restoran atau hotel tertentu tapi klaimnya belakangan. Sementara di rekening tidak ada dana extra untuk berhura-hura pada tanggal tersebut. Beberapa invoice yang diharapkan juga belum cair.

Saat itulah aku menggunakan Traveloka PayLater. Job tetap bisa jalan, aku juga nggak perlu ngutak-atik pos dana darurat.

Kebutuhan mendesak lainnya antara lain seperti yang pernah kuceritakan di review PayLater sebelumnya, adik sepupuku harus lahiran dadakan karena ketuban sudah pecah. Suaminya yang masih di luar kota terpaksa bergegas menyusul, tetapi karena mendadak jadi kalut mikirin biaya transportasi.

Dengan memaksimalkan fitur PayLater dari Travelokas, suami sepupuku bisa sampai tepat waktu sebelum operasi sesar dilaksanakan.

2. Cara Daftarnya Mudah dan Cepat

Keunggulan lain dari fitur ini adalah pendaftarannya yang mudah. Asal sudah berumur 21-70 tahun, punya KTP Indonesia dan mengisi informasi yang dibutuhkan, kita sudah bisa mendaftar.

Cara mengaktifkan PayLater Traveloka juga nggak pakai lama, dengan catatan semua syarat terpenuhi ya. Ini nih langkah-langkah pendaftaran PayLater:
  • Buka Aplikasi Traveloka, pilih travelokaPay lalu klik PayLater.
  • Lengkapi informasi yang dibutuhkan, biasanya terkait nomor KTP, informasi pekerjaan dan jangan lupa siapkan nomor salah satu anggota keluarga untuk proses verifikasi.
  • Siapkan KTP dan foto diri untuk verifikasi.
  • Proses verifikasi membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam kerja. Dalam proses ini kita dan anggota keluarga yang bisa dihubungi harus siap ditelpon oleh pihak Traveloka.
  • Setelah pendaftaran disetujui, akun bisa diaktifkan dan siap untuk digunakan.

3. Bisa Dicicil dengan Mudah

Masalah pembayaran cicilan atas dana yang sudah kita gunakan lewat PayLater Traveloka juga gampil banget. Kita bisa melakukan cicilan dengan jangka waktu 1 – 12 bulan.

Cara mencicilnya pun nggak ribet. Bisa pakai bank transfer ataupun untuk pemilik rekening BCA, bisa menggunakan pembayaran menggunakan BCA Virtual Account.
keunggulan paylater traveloka

4. Promo Berlimpah

Bukan hanya masalah daftar dan cicilannya yang gampang, Traveloka PayLater siap menghujani kita dengan banyak promo dan reward. Meski menggiurkan, jangan sampai ini jadi batu sandungan ke depannya ya.

Tetap ingat dua tips bijak yang aku bagikan di atas. Tanya lagi pada diri sendiri, butuh nggak ya, penting nggak ya. Jangan hanya mengejar promo dan reward, sementara buat nyicil mengkis-mengkis alias kehabisan nafas.

5. Anggaran Anti Bocor

Asyiknya pakai PayLater dari Traveloka, semua history penggunaan tercatat rapi secara real time. Hal ini membantu kita untuk memantau dan mengelola keuangan dengan lebih baik.

Setelah pendaftaran PayLater disetujui, kita akan langsung mendapat limit antara 1 – 50 juta rupiah, tergantung dengan level masing-masing. Nah, dengan adanya riwayat penggunaan, kita bisa mengecek berapa limit dana yang sudah terpakai.

Kita juga bisa memantau berapa cicilan yang sedang berlangsung. Berbeda dengan kartu kredit yang memberikan laporan keuangan tiap akhir bulan jadi suka bikin nggak terkontrol, laporan dari PayLater terpampang secara real time, sehingga bisa membantu kita agar anggaran nggak bocor di sana-sini.

6. Bisa Dipakai di Luar Traveloka

Menariknya lagi nih, Traveloka PayLater kini sudah bisa digunakan di luar Traveloka, misal untuk pembayaran di merchant marketplace tertentu. Biasanya kan untuk cicilan butuh kartu kredit tuh.

Buat blogger kelas bawah yang mau bikin kartu kredit pikir-pikir berulangkali sepertiku, fitur baru dari PayLater ini membantu banget. Yaitu Virtual Number yang memiliki 16 digit angka khusus.

Fitur ini hanya bisa digunakan jika kita sudah mendaftar PayLater, minimal level Gold 1 atau lebih tinggi. Limit dari Virtual Number yaitu 10-40% dari limit PayLater, tergantung levelnya.

Cara menggunakan Virtual Number:
  • Buka halaman PayLater. Pastikan telah mengajukan Virtual Number.
  • Aktifkan Virtual Number. Setiap aktivasi hanya valid untuk 1 pembelian.
  • Masukkan OTP untuk akses Virtual Number. Jika tidak menerima OTP, kita bisa memintanya lagi.
  • Copy-paste detailnya dengan cara salin nomor kartu, CVV, dan tanggal kedaluwarsanya.
  • Transaksi selesai!

7. Menantang Diri Keluar dari Zona Nyaman

Nggak hanya enam hal di atas, PayLater Traveloka juga punya satu keunggulan lain buat blogger. Keunggulan paling akhir ini penting banget buat diikuti semua blogger di Indonesia. Terutama buat blogger yang suka keasyikan di zona nyaman dan nggak berani menantang diri ikutan lomba. 

Yess, Traveloka PayLater ngadain kompetisi blog nih gaess. Semua blogger bisa banget ikutin kompetisinya, mumpung masih ada waktu beberapa jam lagi.

Sayang banget deh kalau melewatkan keunggulan nomor tujuh ini, karena kita bakal kehilangan kesempatan untuk mendapatkan Macbook Pro 2020 256 GB dan emas antam senilai 2 juta, Iphone 13 128GB dan emas antam senilai 1,5 juta, Ipad Air 4th Gen dan Emas antam 1 juta, Airpods Max dan Emas antam 750ribu, Samsung Crystal UHD LED 4K Smart TV 43 inch dan Emas antam senilai 500ribu, serta Airpods Pro dan Emas antam senilai 200rb.
Traveloka blog competition

Ngiler nggak nih sama apa yang bisa kita raih?

Aku tebak pertanyaan berikutnya pasti, gimana biar bisa dapetin semua barang yang kusebut di atas? Iya atau iya?
Gampang temen kongkow! Syaratnya cuma punya blog, bikin artikel dengan panjang minimal 1000 kata yang menceritakan pengalaman pribadi atau edukasi tentang jujur guna banget deh Traveloka PayLater ini.
So, aku dah ikutan nih menceritakan bagaimana Traveloka PayLater jujur guna banget buat blogger. Temen kongkow beneran nggak tertarik? Yuk ah, terakhir pengumpulan artikelnya hari ini. Info lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan lomba, bisa tengok di Traveloka Blog Competition ya.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Wah mudah banget, ya, menggunakan paylater apalagi buat yang pengin liburan tapi dituntut berhemat. Bermanfaat banget ini mah untuk urusan mendesak, dll. Mantap!

    ReplyDelete

Post a Comment