header marita’s palace

Apa Saja Syarat Masuk Malaysia 2021 Selama Pandemi?

syarat masuk  Malaysia 2021
Apakah kamu akan melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri contohnya Malaysia? Atau hanya ingin liburan ke Malaysia? Semenjak Covid-19 melanda dunia, banyak negara yang menerapkan peraturan baru pada setiap orang-orang yang ingin berkunjung ke negaranya.

Salah satunya Malaysia yang menerapkan aturan dan protokol kesehatan yang wajib ditaati bagi setiap orang yang ingin berkunjung ke Malaysia. Kali ini akan dijelaskan syarat masuk Malaysia 2021 selama pandemi yang harus kamu ketahui jika ingin atau akan berkunjung ke Malaysia.

4 Syarat Masuk Malaysia 2021

Hal yang harus kamu ketahui ketika akan masuk Malaysia adalah peraturannya. Hal ini akan berguna ketika kamu berkunjung untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi disana.

Demi perjalanan kamu yang lancar, aman dan nyaman, pastikan kamu mematuhi aturan dan semua persyaratan yang berlaku di kota, atau negara asal, tujuan, dan transit. Semua peraturan mungkin saja dapat berubah-ubah sewaktu-waktu tanpa sepengetahuan kamu. Oleh sebab itu, pastikan kamu selalu update dengan peraturan dan persyaratan terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah.
syarat masuk kerajaan Malaysia


1. Memiliki Dokumen

Pertama, pengunjung yang ingin berkunjung ke Malaysia tentu harus memiliki dokumen pribadi yang resmi dan valid seperti identitas diri paspor, kartu tanda penduduk (KTP), atau dokumen identitas diri lainnya yang berlaku. Setiap orang perlu mempunyai hal tersebut sebagai dokumen perjalanan antarbangsa yang sah.

Setiap paspor atau dokumen perjalanan yang tidak diiktiraf oleh Kerajaan Malaysia, harus mempunyai dokumen sebagai gantinya paspor. Semua dokumen tersebut juga harus berlaku selama enam bulan ke atas selama masuk ke Malaysia.

Pengunjung juga diwajibkan mempunyai tiket perjalanan yang sah. Setiap pengunjung harus dapat menunjukkan identitas dirinya sudah memesan tiket perjalanan di Malaysia, lengkap dengan tiket perjalanan pulang yang sudah ditetapkan untuk dapat kembali ke negara asalnya. Oleh sebab itu, pastikan kamu yang ingin berkunjung ke Malaysia tidak hanya memesan tiket pergi, tetapi juga sekaligus memesan tiket pulang.

Dengan memesan keduanya secara langsung, maka kamu juga tidak akan merepotkan diri sendiri jika harus memesan dan mencari tiket kembali. Karena mungkin saja jadwal kepulangan kamu mengalami kepenuhan penumpang yang menjadikan kamu sulit mencari jadwal kepulangan.

2. Syarat Perjalanan Internasional

Sebelum masuk Malaysia, pengunjung harus mengunduh dan mengaktifkan serta mendaftar di salah satu aplikasi yang bernama MySejahtera. Ini adalah ketentuan yang wajib diterapkan oleh para pengunjung jika ingin masuk Malaysia.

Lalu, kamu juga diharuskan melakukan tes PCR, di mana hasil tes PCR tersebut harus segera diserahkan pada departemen kesehatan dalam bentuk hasil laboratorium yang bersertifikat ataupun laporan medis yang diumumkan oleh praktisi medis yang telah memiliki kualifikasi.

Syarat khusus bagi pengunjung yang pernah terinfeksi virus Covid-19 adalah telah divaksinasi dengan dosis penuh dan menunjukkan bukti sertifikat vaksinasi Covid-19 yang valid. Selain itu, kamu yang pernah terkena Covid-19 juga harus dapat memperlihatkan bukti infeksi Covid-19 yaitu hasil tes lab dalam waktu 11 atau hingga 60 hari sebelum berangkat ke Malaysia.

Apabila pengunjung pernah dirawat inap di rumah sakit karena terkena Covid-19, maka pengunjung wajib menyerahkan surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh rumah sakit yang bersangkutan. Namun, apabila tidak sampai dirawat, wajib menunjukkan hasil tes rapid antigen yang negatif dan sampelnya diambil selama maksimal 2x24 jam sebelum berangkat ke Malaysia.

3. Kebijakan Karantina

Para pengunjung diwajibkan untuk melakukan tes rapid antigen ketika kedatangan di Malaysia. Jadi, pengunjung harus melakukan tes kembali untuk memastikan kondisi benar-benar sehat dan diizinkan untuk melanjutkan perjalanan.

Apabila didapatkan pengunjung yang belum divaksinasi dengan dosis lengkap, maka wajib menjalani karantina terlebih dahulu selama 7x24 jam di pusat karantina Malaysia.

4. Protokol Kesehatan di Bandara Malaysia

Sejak adanya Covid-19, semua masyarakat dan instansi pemerintah diwajibkan untuk memenuhi dan melakukan protokol kesehatan yang berlaku. Hal ini untuk menghindari terjadinya penularan yang signifikan dan mengurangi angka penularan yang semakin meningkat setiap harinya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka pemerintah Indonesia atau pun Malaysia sudah membuat peraturan protokol kesehatan yang harus ditaati oleh setiap warga negaranya. Hal ini akan memberikan keamanan dan kenyamanan bersama, terlebih jika ada warga negara asing yang masuk ke negara sendiri akan membuat masyarakat lokal menjadi takut tertular.

Pihak bandara tetap menyarankan dan mewajibkan kamu yang berkunjung ke Malaysia untuk tetap melakukan protokol kesehatan mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun dan air mengalir (atau jika tidak terdapat tempat cuci tangan bisa menggunakan hand sanitizer), serta menjaga jarak kontak fisik antar pengunjung.

Protokol ini sudah berlaku sejak pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia. Banyak warga negara yang khawatir, cemas, dan panik akan virus yang berasal dari China ini menyerang tubuh mereka di berbagai negara. Oleh karena itu, protokol kesehatan yang telah disebutkan itu harus selalu diterapkan kapanpun dan dimanapun kamu berada.

Demikian informasi mengenai syarat masuk Malaysia 2021 selama pandemi Covid-19 yang perlu kamu ketahui. Sebaiknya perhatikan syarat-syarat tersebut dengan seksama untuk menghindari terjadinya miskomunikasi.

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Pas banget buat yang ingin merantau, eh buat yang ingin berlibur ke negera tetangga ini. Deket kan dengan Indonesia, bisa jadi traveling pertama ke luar negerti, terima kasih infonya.

    ReplyDelete