header marita’s palace

Keripik Tempe Kobe, Teman Buka dan Sahur yang Nagih

resep keripik tempe kobe
Resep Keripik Tempe Kobe aku dapatkan saat berselancar di website official Dapur Kobe. Menjelang bulan puasa, ternyata di website tersebut memuat Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan. Sebagai orang yang fals megang sotil dan wajan, deretan menu tersebut sangat membantuku.

Suamiku adalah pecinta tempe. Apapun menu utamanya, suami akan sangat girang kalau ada lauk tempe yang melengkapi.

Biasanya aku mengolah tempe ya cuma kugoreng biasa aja. Atau yang agak lebih dari biasa, dibikin mendoan, misalnya. Namun lama-lama aku bosan juga, masa dari nikah tahun pertama sampai tahu keempat belas, nggak ada progress skill dalam pengolahan tempe, wkwk.

Akhirnya kuputuskan untuk upgrading skill di bidang memasak tempe. Bersyukur aku ketemu dengan landing page Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan di website Dapur Kobe yang kasih aku resep spesial Keripik Tempe Kobe nan endezz.
inspirasi menu 30 hari bulan ramadhan
Eniwei, sebelum aku bocorin gimana pengalamanku recook resep Keripik Tempe menggunakan tepung Kobe, belajar sejarah dulu yuk.

Kenalan dengan Tepung Kobe

Siapa yang saat mengeja nama Kobe, dipikirnya tepung ini berasal dari Jepang? Ahaay, banyak juga yang angkat tangan. Berarti aku nggak sendiri.

Awalnya kupikir Tepung Kope ini juga dari Negeri Sakura. Ternyata nih, saat aku baca referensi dari sana sini, Kobe adalah produk lokal asli Indonesia. Nggak main-main, cikal bakal Kobe sudah ada sejak tahun 1979.

Mengejutkannya lagi, produk ini justru lahir di kota kelahiranku juga. Iyess, asli Semarang ternyata si Kobe. Berawal dari industri rumahan, Kobe kemudian berkembang menjadi tepung bumbu pertama di tanah air.

Pasti temen-temen kongkow penasaran ya, terus arti kata Kobe apaan? Kok kejepangan banget gitu? Kalian bakal kaget sih kalau tahu fakta berikutnya.
Ternyata nih, Kobe punya kepanjangan istimewa, yaitu “Kata Orang Banyak Enak.”
varian tepung kobe

Ealah… kirain dari Jepang, jebul bocahe dhewe, wkwk. Nah, dalam perjalanannya, tepung yang punya tagline Ahlinya Tepung Bumbu!, kini sudah punya enam, apa aja hayo?

  1. Tepung Tempe Kriuk
  2. Tepung Kentucky Super Crispy
  3. Tepung Bumbu Putih
  4. Tepung Serbaguna
  5. Tepung Bakwan & Perkedel
  6. Tepung Pisang Goreng Crispy
Pada landing page Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan, ada beragam resep yang bahannya mudah dicari dan tentu saja membutuhkan kehadiran salah satu varian dari Tepung Kobe. Nah, karena suamiku pecinta tempe, aku memilih berkreasi dengan Kobe Tepung Tempe Kriuk.

Berkreasi dengan Kobe Tepung Tempe Kriuk

Sering disebut sebagai makanan sederhana, tetapi tahukah kalian, kalau tempe punya banyak kandungan gizi? Selain mengandung protein yang bermanfaat bagi imunitas tubuh, tempe juga ternyata mengandung zat besi, kalsium, vitamin B6 dan magnesium.

Nggak cuma itu, ada pula antioxidant isoflavon di dalam tempe. Kandungan inilah yang bisa membantu serangan radikal bekas yang masuk ke dalam tubuh.

Ternyata di dalam bahan makanan sederhana, tersimpan manfaat luar biasa kan? Buat yang nggak suka tempe, beneran nih nggak mau nyobain?

Nah, jika sohib kongkow punya masalah sama denganku soal berkreasi dengan tempe. Tepung Tempe Kriuk dari Kobe bisa membantu kalian menyajikan menu istimewa.
recook keripik tempe kobe
Tinggal mau pakai cara biasa, atau cara luar biasa nih? Kalau cara biasa, kalian tinggal cairkan Kobe Tepung Tempe Kriuk dengan air. Oya, dalam adonan bisa juga ditambahkan irisan daun bawang biar ada cita rasa sayuran di dalamnya.

Aduk adonan sampai rata dan mengental. Lalu masukkan tempe yang sudah diiris dengan ketebalan sesuai selera ke dalam adonan tepung. Setelah itu tinggal digoreng saja sampai kuning keemasan.

Angkat dari penggorengan, sajikan dengan cabe rawit dan teh hangat. Atau dimakan dengan nasi hangat, dijamin nambah berkali-kali deh. Cocok banget buat menu berbuka nih.

Mungkin sohib kongkow penasaran, apa yang membedakan Tepung Tempe Kriuk dari Kobe dengan merk lainnya. Tim ahli dari Kobe sudah membuat sedemikian rupa tepung crunchy yang cocok dengan tekstur tempe.

Tempe berbeda dengan ayam, daging ataupun jamur. Maka untuk menghasilkan tempe berbalur tepung yang renyah dibutuhkan tepung tersendiri.

Kalau kalian sudah merasakan tempe yang digoreng dengan adonan Tepung Tempe Kriuk by Kobe, ada perpaduan cita rasa kedelai dan rempah yang lezat dan pas. Nggak percaya? Buktikan sendiri deh.

Selain karena formulanya yang dibuat khusus untuk menghasilkan gorengan tempe yang istimewa, berikut ini keunggulan lain dari Kobe Tepung Tempe Kriuk:
  • Kerenyahan dari tempe yang digoreng dengan Kobe akan bertahan lebih lama.
  • Mengandung ketumbar asli sehingga rasanya lebih gurih dan lezat.
  • Pemrosesan tepung mengaplikasikan teknologi yang modern, sehingga tepungnya lebih higienis.
  • Tidak mengandung bahan pengawet dan pewarna buatan.
Cakep kan keunggulan Tepung Tempe Kriuk by Kobe ini? Bikin temen kongkow pengen segera berkreasi dengan tepung ini kan? Yuk coba buat Keripik Tempe Kobe bareng aku!

Pengalaman Recook Resep Keripik Tempe Kobe

Saat membaca bahan dan cara pembuatannya, sepertinya sih gampang gitu. Namun ternyata dalam eksekusinya, tidak semudah itu ferguso.

Bukan resepnya yang salah, gaees. Hanya aku memang yang terlalu fals memegang pisau, talenan dan alat masak lainnya, hehe.

Alhamdulillah dengan hati yang berdegup kencang seakan mau diapeli sang pujaan hati, berhasil juga aku recook resep Keripik Tempe Kobe. Mau tahu gimana cara bikinnya?
proses pembuatan keripik tempe
Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Menurut resep yang terdapat pada landing page Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan, berikut ini bahan-bahannya:
  • 1 bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk 70gr, tapi saat cari tepung ini di minimarket dekat rumah, aku dapatnya yang ukuran 210gr. Akhirnya aku pakai separuh aja, sekitar 115gr.
  • 1/2 papan tempe. Namun karena tepungku berjumlah lebih banyak, aku bikin 1 papan sih.
  • Ukuran air sebenarnya 125 ml air, cuma aku sesuaikan dengan kebutuhan jumlah tepungku sampai adonannya terasa pas.
  • Iris halus 3 lembar daun jeruk. Karena adonanku lebih banyak, aku akhirnya menggunakan 6 lembar daun jeruk.
  • 500 ml Minyak goreng (aku nggak pakai minyak sebanyak ini sih, secukupnya aja yang penting tempenya bisa hanyut ke dalam. Minyak mahal, bu, wkwk).
cara membuat tempe keripik

Setelah semua bahan-bahan ready, apa yang kudu dilakukan berikutnya? Cekidot!
  1. Iris tempe dengan ukuran sesuai selera, tapi pastikan ketebalannya tipis ya.
  2. Goreng tempe hingga matang dan kering, kemudian tiriskan.
  3. Sementara itu, siapkan air dan campurkan dengan Kobe Tepung Tempe Kriuk. Aduk sampai larut dan rata. Jangan lupa tambahkan irisan daun jeruk untuk memberikan cita rasa yang segar.
  4. Tempe yang sudah digoreng sampai kering masukkan ke dalam adonan basah.
  5. Panaskan minyak. Lalu masukkan tempe yang sudah dibaluri tepung ke dalam minyak. Goreng sampai warnanya kuning kecoklatan.
  6. Angkat, biarkan dingin. Untuk mengurangi resapan minyak, dinginkan tempe di atas tissue makan. Setelah dingin dan minyak sudah mengering, simpan ke dalam toples.
Hasilnya? Jangan ditanya lagi, kriuuuk banget tempenya! Rasa daun jeruk yang berbaur dengan Kobe Tepung Tempe Kriuk melahirkan cita rasa yang segar, gurih dan bikin nggak bisa berhenti makan. Mau dijadikan camilan atau disajikan dengan nasi liwet hangat bersama sayur juga bisa.

Saking uenaknya, begitu Keripik Tempe Kobe dihidangkan langsung mendekati tandas. Toples yang disediakan hampir saja nggak berguna, wkwk. Nih, masa tinggal segini doang:
keripik tempe di dalam toples
Oia, buat yang mau recook resep ini juga. Saranku sih cari tempe yang bentuknya bulat aja, biar penampakannya lebih cakep gitu. Jadi bisa beneran kaya keripik jajanan khas Semarang yang dijual di pasaran, hehe. 

Aku yang fals masak aja berhasil recook resep Keripik Tempe Kobe. Kuyakin sohib kongkow yang jago masak, pasti bisa bikin lebih keren dari ini deh. Buat yang masih bingung menyajikan makanan apa lagi selama bulan puasa, cuzz mampir aja di Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan hanya di website Dapur Kobe ya! Happy cooking.

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Wah tempe, makanan favorit orang Indonesia termasuk aku apalagi kalau ditepungin kayak gini bakalan nagih. Belum lagi ada bumbunya dicocol saus hemm nikmat, buat camilan maupun lauk makan. Mantep, terima kasih resepnya!

    ReplyDelete