header marita’s palace

4 Tips Memilih Bimbel SNBT, Wajib Catat buat Calon Mahasiswa!

bimbel snbt
Bimbel SNBT perlu nggak sih? Mungkin itu yang sedang terbersit di benak temen-temen kongkow, terutama yang mau masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Ataupun para orang tua yang anak-anaknya otewe jadi calon mahasiswa.

Hmm, mengingat tahun ajaran ini Pemerintah sedang menggalakkan kurikulum baru. Keknya sih penting ya mengikutkan anak ke bimbel persiapan SNBT. Tapi ngomong-ngomong kalian tahu nggak sih SNBT apaan, pals?

Apa Itu SNBT?

Kalau SNBT belum tahu, apakah kalian tim yang paham dengan istilah UMPTN dan PMDK? Kalau jawabannya iya, berarti kita satu segenerasi, hehe.

Fyi, SNBT adalah istilah terbaru dari UMPTN. Kepanjangan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Tes. Sementara istilah baru untuk PMDK yaitu SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi).

Baik SNBT. SNBP dan ada satu lagi yaitu Seleksi Mandiri adalah jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sementara jenis tesnya disebut dengan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).

Nah, perbedaan terbesar antara SNBT 2023 dengan SBMPTN 2022 terletak pada materi yang diujikan. Pada SNBT 2023, materi yang diujikan hanyalah tes skolastik, dan tidak ada lagi materi pelajaran.

Adapun tujuan dari tes skolastik adalah untuk mengukur daya nalar dan cara calon mahasiswa dalam menyelesaikan masalah (problem solving). Ada empat materi yang akan diujikan dalam tes skolastik SNBT 2023:
  • Potensi Kognitif
  • Penalaran Matematika
  • Literasi dalam Bahasa Indonesia
  • Literasi dalam Bahasa Inggris

Perlukah Mengikuti Bimbel SNBT?

Melihat perbedaan di atas, apakah sohib kongkow merasa girang? Malah mungkin berpikir karena nggak ada tes materi pelajaran, nggak usahlah anak-anak dimasukkan bimbel persiapan tes skolastik.

Sebelum membuat keputusan, tengok dulu deh apa saja yang bakal diujikan di setiap materi di dalam tes skolastik:
  • Potensi Kognitif - Di bagian ini, peserta diuji kemampuan logika dan analisisnya pada suatu masalah. Namanya juga udah jadi mahasiswa ya, nggak bisa lagi dong berpikir suka-suka, harus bisa menghadapi dan mencari solusi saat ada suatu masalah menghadang.
  • Penalaran Matematika - Part ini mengajak calon mahasiswa untuk menerapkan kemampuannya dalam menggunakan matematika dasar pada kehidupann sehari-hari. Nggak cuma jago hitung, di sini sohib kongkow kudu paham konsep, fakta, metode dan penalaran yang tepat.
  • Literasi Bahasa Indonesia - Jangan merasa anak Indonesia lalu pasti jago soal literasi bahasa sendiri. Tes ini akan membuktikan apakah kalian mampu memahami esensi suatu bacaan dan mampu menganalisis argumen di dalamnya.
  • Literasi Bahasa Inggris - Tak hanya bahasa ibu, calon mahasiswa zaman now juga wajib banget menguasai bahasa internasional. Untuk menaklukkan tes ini, temen kongkow kudu punya perbendaharaan kata yang kaya, kemampuan membaca dan penalaran yang baik.
Setelah tahu model tesnya seperti itu, apakah tetap merasa kalau nggak butuh bimbingan tes skolastik SNBT? Kalau saranku sih, tetep butuh deh persiapan di sebuah bimbel yang memahami tes model baru ini.

Soalnya kan sebagian besar materi tes skolastik belum atau malah ada yang sama sekali nggak diajarkan di sekolah. Fokusnya ada di penalaran dibandingkan hafalan.

Makanya, bimbel SNBT dibutuhkan untuk membekali calon mahasiswa terkait konsep dasar, rumus, dan cara penyelesaian dari setiap soal. Tak hanya itu bimbel yang oke juga akan memberikan pengarahan kepada siswanya mana perguruan tinggi dan program studi yang cocok dengan minat, bakat serta kemampuan akademiknya.

4 Tips Memilih Bimbel Persiapan Tes Skolastik

Lalu seperti apakah bimbel yang oke untuk persiapan SNBT? Aku sudah merangkum empat poin yang harus dimiliki sebuah bimbel untuk persiapan tes Skolastik:

1. Membantu Mengatur Target

Carilah bimbel yang mampu membantu calon mahasiswa mengatur targetnya. Sebagian besar anak SMA masiih bingung mau kuliah di mana dan ambil jurusan apa.

Nah, jika ada bimbel yang mampu membantu anak menemukan program studi impian sesuai dengan potensinya, pasti oke banget kan? Apalagi jika bimbel tersebut menyediakan juga tes minat bakat beserta informasi kampus dan program studi yang super lengkap.

Kadangkala orangtua ada yang kurang bisa diajak diskusi oleh anaknya mengenai jurusan yang tepat untuk mereka. That’s why penting memilih bimbel SNBT yang memiliki konselor pendidikan untuk membantu calon mahasiswa mengatur strategi demi masa depannya.

2. Belajar Tes Skolastik secara Intensif

Generasi Z adalah calon-calon mahasiswa yang kemampuan visualnya jauh lebih moncer dibanding generasi sebelumnya. Maka dibutuhkan bimbel yang memahami karakter generasi tersebut.

Bimbel SNBT yang pas untuk anak generasi Z yaitu tempat belajar yang mampu menyediakan kolaborasi antara live teaching dengan video materi. Saat live teaching, siswa bisa bertanya langsung kepada tentornya. Sementara video materi dibutuhkan sebagai penguatan dan pengayaan.

Tak lupa tentu saja adanya latihan tes skolastik secara intensif. Sehingga saat hari H SNBT, calon mahasiswa sudah terbiasa dengan model tes yang harus dihadapi.

3. Latihan Soal is Must!

Practice makes perfect tentu adalah ungkapan lama yang masih berlaku sampai saat ini kan? Semakin sering berlatih, insya Allah semakin siap menghadapi medan tempur.

Nah, cari bimbel yang memberikan latihan dan tryout paling banyak. Tak lupa cek juga apakah bimbel itu punya fasilitas forum tanya jawab untuk mendiskusikan soal-soal sulit dengan guru dan teman sebayanya.

4. Orang Tua Bisa Memantau Progress Belajar

Poin lain yang menurutku penting adalah bimbel tersebut harus menyediakan informasi mengenai progress belajar anak dengan lengkap. Orang tua bisa memantau progress anaknya melalu aplikasi ataupun laporan yang disediakan via WhatsApp, misalnya.

Dengan laporan tersebut, orang tua bisa punya bayangan seperti apa hasil tryout dan perkembangan belajarnya. Serta juga bisa membantu anak menentukan pilihan studi dari analisis peluang lolos SNBT yang diberikan oleh pihak bimbel.

Pertanyaannya sekarang, di manakah bimbel SNBT sekece itu? Memang ada?

Di Manakah Bimbingan Belajar Tes Skolastik Terbaik?

Hoho, tentu ada dong!
brain academy, bimbel SNBT terbaik
Brain Academy, bagian dari Ruangguru, kini hadir dengan program terbaru. Yaitu program bimbingan belajar intensif untuk mempersiapkan SNBT 2023. 4 poin yang aku jembrengin di atas, semuanya dimiliki oleh bimbel yang satu ini.

Mau belajar secara online ataupun offline, semuanya bisa! Untuk kegiatan offline-nya akan diselenggarakan di Brain Academy Center. Kelas tatap muka berjumlah 6 kali dalam satu minggu bersama master teacher.

Fasilitas lainnya, siswa mendapat keleluasaan penuh untuk mengakses live teaching pada Brain Academy Online dan Ruangbelajar. Tak hanya itu, Brain Academy juga menyediakan tryout SNBT 13 - 23 kali dalam setahun. Jumlah tryout sesuai dengan jenis paket yang dipilih.

Brain Academy juga memiliki klinik PR bersama Master Teacher, tes minat bakat dan konseling jurusan dengan konselor, konseling dengan orang tua/ wali, dan 78.000+ ADAPTO yang bisa menyesuaikan kecepatan belajar masing-masing siswa.

Jika mendaftar sekarang juga, ada banyak promo menarik lo. Dari diskon 60%, sampai ada Beasiswa Brain Academy juga. Mantap deh.

Oh ya, untuk biaya yang lebih terjangkau, jangan lupa gunakan kode referral MARITANINGTYAS ya. So, buat kalian yang lagi cari bimbel SNBT, ya Brain Academy dong!

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Baru mendengar SNBT ini, ternyata itu jarang banget ada yang kayak gini padahal bermanfaat juga untuk pendidikan anak. Mantep memang Brain Academy solusinya menunjang pendidikan anak, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete