MaritaPalace

7 Hal yang Kupelajari Saat Mengikuti Wikilatih Semarang


Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Senang sekali karena pada pagi sampai siang hari ini aku bersama teman-teman blogger Gandjel Rel mengikuti Wikilatih Semarang. Wikilatih adalah sebuah program pelatihan yang diadakan oleh Wikimedia. Pasti kening teman-teman berkerut, kan? Kok Wikimedia sih, bukannya Wikipedia? Nah lho, bingung pasti ya… begitu banyak wiki-wiki di antara kita hari ini.

Biar nggak bingung, aku jelasin secara singkat ya. Wikipedia adalah salah satu program dari Wikimedia. Wikimedia sendiri merupakan organisasi yang membidani lahirnya Wikipedia. Program lain dari Wikimedia salah satunya ya Wikilatih yang aku dan teman-teman ikuti hari ini.

Kurang lebih selama tiga jam, kami belajar 7 hal terkait Wikipedia dan Wikimedia. Mau tahu apa saja? Cuzz, langsung kepoin aja, pals.


Menu Belajar di Wikilatih Semarang

Ada 4 mentor yang hadir pada event yang berlangsung di Gets Hotel hari ini. Namun aku tak ingat dengan pasti nama-namanya. Kalau nggak salah mentor utama yang memberikan penjelasan paling banyak adalah Mas Fandy. Masih ingat nama doi karena di slide materi ada namanya. Lalu ada juga Mas Dim Dim alias Mas Dimas, kalau yang ini aku ingat karena namanya tercantum sebagai contact person di flyer Wikilatih. Sementara dua mentor perempuan aku nggak ingat namanya, hihi. Maaf ya kakak. Cukup padat materi yang dibagikan, aku hanya akan menuliskan poin-poinnya saja ya.

1. Mengenal Wikimedia dan Programnya

Materi pertama yaitu perkenalan tentang Wikimedia dan program-programnya. Seperti yang sudah aku sampaikan di atas bahwa Wikimedia adalah sebuah organisasi. Tepatnya merupakan organisasi nirlaba berbentuk perkumpulan dan merupakan mitra lokal dari Wikimedia Foundation, pengelola situs populer dunia, Wikipedia dan proyek-proyek wiki lainnya.

Sebagaimana organisasi pada umumnya, Wikimedia memiliki visi dan misi. Adapun visi misi organisasi ini bisa dilihat di gambar berikut ya:



Wikimedia memiliki banyak program. Antara lain ada WikiData yang merupakan program untuk mengumpulkan data-data yang terkait untuk pengembangan Wikipedia. Ada Wiki Saraswati yang merupakan sebuah kompetisi bekerjasama dengan Google; membuat artikel yang dicari di Google tapi belum ada di Wikipedia. Hadiahnya lumayan lo, pals. Jalan-jalan ke Thailand… hmm, mau?

Masih banyak lagi program lainnya. Beberapa di antaranya tidak bisa ditemukan di Indonesia dan hanya berlangsung dinegara lain. 



Wikipedia adalah salah satu program dari Wikimedia. Bisa dibilang ini adalah program yang paling populer dibandingkan program-program yang lain ya. Bagaimana nggak populer, Wikipedia saat ini merupakan situs ensiklopedia daring terbesar dan termasuk dalam 5 situs paling populer di internet. Wow! Pantas saja, saat ini penulis konten suka diminta mencantumkan external link ke Wikipedia. Katanya bisa menaikkan nilai dari web yang sedang digarap. Namun pastinya bagaimana aku kurang paham sih, pals.

Seperti yang teman-teman tahu, Wikipedia adalah situs ensiklopedia yang dibangun dan dijalankan bersama oleh komunitas dan merupakan urun daya digital. Maksudnya, semua orang yang punya akun di Wikipedia bisa menyunting dan membuat artikel di sana. Tentu saja tetap ada tim penyunting alias editor yang akan mengecek apakah artikel yang kita buat valid atau tidak.

Nah, sebelum kita lanjut lebih jauh, ada 6 hal yang harus diketahui tentang Wikipedia. Ini dia:


2. Membuat Akun Wikipedia

Sebenarnya setelah sesi perkenalan tentang Wikipedia, peserta Wikilatih diminta untuk membuat akun Wikipedia. Namun hari ini kami tidak melakukannya, karena beberapa hari sebelum acara berlangsung kami sudah diminta membuat akun di rumah. Tentu saja hal ini dimaksudkan agar lebih menghemat waktu sehingga bisa untuk membahas hal lain lebih panjang dan lebar.

Btw, untuk membuat akun Wikipedia gampang banget kok, pals. Cuma tinggal masuk ke halaman utama Wikipedia Indonesia, lalu pilih buat akun baru dan isi saja formulir yang tampil di halaman tersebut. 



Nggak banyak kok yang diisi, cuma username/ nama pengguna, password, konfirmasi password dan email.
Setelah klik buat akun, biasanya kita akan mendapat email untuk verifikasi. 


Tinggal cek saja di inbox email kita, klik link yang diberikan. Udah deh, akun Wikipedia kita siap digunakan.

3. Membuat Halaman Pengguna


Setelah akun di Wikipedia siap digunakan, para mentor mengajak kami untuk membuat halaman pengguna. Caranya juga gampang. Setelah kita punya akun di Wikipedia, akan muncul nama kita di sebelah kanan atas berwarna merah. 

klik nama akun kita





Klik saja nama akun kita tersebut, lalu buat halaman pengguna. Sunting di halaman yang tersedia, isikan keterangan yang dibutuhkan. Kalau sudah, klik terbitkan halaman. Tara… halaman pengguna kita sudah jadi deh.

Btw, kalau kita bikin akunnya pas acara Wikilatih, jadi ada keterangan yang menyatakan bahwa akun ini merupakan peserta pelatihan Wikilatih. Katanya sih, kalau ada keterangan seperti ini jadi lebih dipercaya oleh Tim Penyunting.

keuntungan ikut Wikilatih, di Halaman Pengguna ada keterangannya begini

4. Bisa Apa di Wikipedia?


Pasti teman-teman kepo ya, kalau sudah punya akun dan halaman pengguna di Wikipedia. Lalu buat apa? Hmm, ternyata banyak hal yang bisa kita lakukan lo di sana, antara lain: membuat artikel baru yang belum ada di Wikipedia, menyunting artikel yang sudah ada, membantu pengguna baru untuk mengembangkan artikelnya, memasyarakatkan Wikipedia dan bahkan ikut berdonasi untuk perkembangan Wikipedia.

Wah, berarti kita nggak bisa dapat income dari Wikipedia? Ya, tentu saja… kan sudah dijelaskan di awal bahwasanya Wikimedia adalah organisasi nirlaba. Jadi kalau teman-teman punya kesenangan berbagi dan melayani, pas banget nih bergabung dengan Wikipedia.


Oh ya.. di Wikimedia ada juga yang namanya Wikimedia Commons. Merupakan sebuah program Wikimedia yang berisikan data-data, seperti foto dan berkas-berkas yang berlisensi bebas dan bisa kita gunakan untuk melengkapi artikel yang kita buat di Wikipedia nantinya.

5. Membuat Artikel Pertama di Wikipedia

Selanjutnya adalah saat paling mengasyikkan. Yaitu berlatih membuat artikel baru di Wikipedia. Berikut ini tahapannya:


a. Cari nama tempat/ orang/ hal-hal yang sekiranya belum ada di Wikipedia. Lakukan pencarian dengan kata kunci yang kita mau tulis. Jika berwarna merah dan ada keterangan “halaman belum tersedia,” artinya nama tempat/ orang/ hal tersebut memang belum ada artikelnya di Wikipedia.

b. Klik saja buat halaman di link berwarna merah tersebut. Kita akan diarahkan menuju visual editor semacam kalau kita mau ngeblog di blogspot or wordpress gitu lo, pals.

c. Tuliskan judul artikel di kolom judul, dan tuliskan isi artikel di bagian badan. Lalu ketikkan saja semuanya hingga selesai. Pastikan artikel yang kita tulis memenuhi syarat-syarat ini ya:








d. Setelah artikel selesai diketik, kita bisa mulai merapikannya. Sama halnya saat mengetik di blog, kita bisa berikan sub heading, minor heading, pranala dalam (internal link/ link yang mengacu pada artikel di web itu sendiri), dan pranala luar (external link/ link yang mengacu pada artikel di web lain). 




Bedanya kalau di Wikipedia, setelah kita berikan sub heading dan minor heading, susunan artikelnya menjadi lebih rapi seperti ini, ada daftar isinya juga. Kalau dirasa sudah oke, silakan klik terbitkan halaman. Nah, kurang lebih jadi seperti ini artikel yang sudah dirapikan. Bagus kan…?




e. Kita juga bisa menyisipkan referensi pada artikel yang kita susun. Sebelum belajar cara menyisipkan referensi, yuk belajar dulu syarat-syarat referensi yang diperbolehkan oleh Wikipedia:





Setelah tahu syarat-syaratnya, kini kita mulai praktek memberikan referensi ke artikel. Caranya, letakkan kursor di ujung paragraf yang akan kita sisipkan referensi. Klik kutip, lalu isikan link atau nomor ISBN buku yang akan dijadikan referensi. Coba dulu secara otomatis, jika nggak bisa, baru deh kita isikan secara manual. Jika sudah, klik sisipkan. Dan akan terlihat nomor kecil di ujung paragrafnya. 


Selanjutnya kita scroll artikel hingga ke bagian paling bawah. Setelah paragraf terakhir dalam artikel yang kita tulis, ketikkan Referensi dan klik Sub Heading/ Judul Tingkat Dua. Lalu klik sisipkan, carilah daftar referensi. Taraa… sumber referensi yang kita sisipkan tadi akan muncul seperti ini. Berasa bikin skripsi ya? 



f. Kalau teman-teman sering mencari info di Wikipedia, pasti melihat ada info box yang biasa diletakkan di sebelah kanan artikel. Ternyata bisa lo menyisipkan info box tersebut ke artikel yang kita buat. Caranya; cari dulu artikel yang sejenis dengan artikel yang kita buat. Misal nih, aku kan membuat artikel mengenai seorang tokoh. Aku coba gunakan Raffi Ahmad sebagai pembanding. 




Kita butuh kode info box nya untuk disalin dan tempel ke artikel yang kita tulis. Diblok saja kode info box-nya, lalu klik ctrl + c atau copy. Kemudian kita alihkan ke visual editor pada artikel kita, tempel kode info box tersebut. 



Taraa… muncul deh info box yang kita copas di artikel kita. Kemungkinan akan ada error seperti ini. Jangan takut, kita bisa kok menyuntingnya sesuai dengan informasi tokoh/ tempat yang sedang kita tulis.

g. Ingin menambahkan gambar? Bisa kok. Syaratnya: gambar/ foto harus asli jepretan kita sendiri. Atau kalau tidak, boleh mencari gambar dari google namun yang non copyright alias yang boleh digunakan ulang oleh orang lain. Paling amannya, mencari di Wikimedia Commons. Jika dari tiga syarat di atas tidak terpenuhi, jangan nekat ya.








Ini penampakan kalau gambar yang kita unggah diterima oleh Wikipedia. Yee, artikel tentang Pak Cahyadi Takariawan jadi ada gambarnya deh. Kebetulan aku ambil sendiri gambarnya saat mengikuti kajian beliau di RS Wongsonegoro hari Rabu, 15 Januari 2020 lalu.

6. Jenis Artikel di Wikipedia

Setelah belajar secara singkat cara membuat artikel di Wikipedia, saatnya mengetahui beberapa istilah artikel di Wikipedia.

Artikel Rintisan

Yaitu artikel yang baru pertama kali dibuat oleh Wikipedia. Contohnya artikel Pak Cahyadi yang aku buat sebagai contoh. Artikel rintisan juga sangat terbuka untuk dikembangkan oleh pengguna lainnya. Artikel rintisan biasanya belum dirapikan, belum ada daftar isi, infobox, gambar dan referensi.



Artikel Kelas C

Yaitu artikel yang kelasnya lebih tinggi dari artikel rintisan. Ukurannya minimal 10ribu bita. Artikel Pak Cah yang kubuat ukurannya baru 7ribu bita, jadi belum bisa disebut sebagai artikel kelas C. Artikel ini juga harus memiliki minimal 5 referensi dari buku yang ber-ISBN atau jurnal ilmiah yang ber-ISSN. Lalu memiliki minimal 3 sub bab.

7. Proyek Respati



Sebelum acara berakhir, para mentor sempat membagikan informasi mengenai Proyek Respati. Proyek ini merupakan sebuah kompetisi kecil-kecilan untuk meningkatkan awareness masyarakat tentang Wikipedia dan mengajak lebih banyak orang untuk menulis di Wikipedia. Proyek ini akan berlangsung dalam beberapa periode. Untuk informasi lebih lanjut, teman-teman bisa klik di sini atau kepoing gambar-gambar di bawah ini.






Di penghujung acara seperti biasa sesi foto nggak boleh ketinggalan dong, sebagai bukti bahwa event telah terlaksana dengan lancar. Oh ya, sebelum kami beranjak menaiki lift, mbak dan mas pelatih dari Wikimedia mengatakan kalau kami termasuk cepat dalam belajar. Biasanya peserta pelatihan jarang yang mencapai hingga bagian membuat infobox. Alhamdulillah, meski emak-emak nggak kudet-kudet banget lah ya, bisa memahami penjelasan dari para mentor.


Seru sekali hari ini bisa menambah pengetahuan tentang Wikipedia, Wikimedia dan bagaimana membuat artikel baru serta menyunting artikel di Wikipedia. Teman-teman kalau punya komunitas dan pengen merasakan serunya Wikilatih seperti aku dan Gandjel Rel, bisa lo menghubungi tim Wikilatih. Atau mungkin bisa menghubungi nomor Mas Dimas yang kemarin jadi contact person acara (Whatsapp: 0821-4162-2552).

Siapa yang minat ikut Proyek Respati? Bisa langsung cuzz bikin akun dulu ya di Wikipedia! Selamat mencoba dan salam literasi!

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Referensi materi dan gambar:
  • Event Wikilatih Semarang bersama Wikimedia di Hotel Gets - Sabtu, 18 Januari 2020
  • Whatsapp Group Gandjel Rel (Thanks mbak Uniek, mbak Mechta, Mara, mbak Archa, dll untuk foto-fotonya)
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

20 comments

  1. wow, baru tau loh ada beginian di Indonesia. Ternyata submit artikel di wikipedia tahapannya lumayan banyak jg ya

    ReplyDelete
  2. Limayan juga ya tahapannya buat submit artikel ke wikipedia, emang harus sering-sering diselelnggarain acara kayak gini biar lebih banyak pengetahuan tentang wikipedia yang selama ini menjadi referensi andalan wkwk

    ReplyDelete
  3. Ooh jadi yang mengisi Wikipedia itu bisa siapa aja ya Mba. Aku pikir awalnya yang mengisi itu tim Google, wkwk..ya ampun, main kurang jauh ya gini deh.

    Pantes yaa koq ada opsi "edit" di Wikipedia. Nah nanti kalo diubah orang dengan mudah gimana tuh?

    ReplyDelete
  4. Lengkap banget, aku jadi dapet ilmunya juga makasih kak hihi. Aku juga sebenernya penasaran sama Wikipedia, ternyata ada semacam pelatihannya gini yah. Daaan ternyata proyeknya banyak dari Wiki ya :3

    ReplyDelete
  5. Aku baru tau tentang wikimedia dan wikilatih, ternyata masih ada hubungan dengan wikipedia toh. Waah pasti seru banget nih programnya.

    ReplyDelete
  6. Wahh ternyata kompleks juga yaa.. bisa nih buat referensi saat hendak mulai submit Wikipedia nantinya

    ReplyDelete
  7. Sepanjang itu proses utk submit tulisan di Wikipedia ya.. aduh, buqt yang cuma nukis curhat kayak aku mana layak nulis di wikipedia. Hahahaha

    ReplyDelete
  8. Postingannya informatif banget nih Mbak. Saya pun baru tahu ternyata wikipedia adalah salah satu program dari organisasi yang bernama Wikimedia. Pantasan ya namanya nggak jauh beda termasuk dengan program pelatihan wikilatih ini.

    ReplyDelete
  9. Acaranya seru dan bermanfaat ya mbak..
    Aku pernah ikut yg d sby

    ReplyDelete
  10. Kereeen...Rangkuman mba Marita kumpliiit deh. Alhamdulillah ya mba kita bisa ikut acara bagus ini. Insya Allah bermanfaat ya..

    ReplyDelete
  11. Programnya Wikipedia ya ternyata wikilatih ini? Berarti secara tak langsung wikipedia juga merekrut dan melatih para penulis yang mau menulis di wikipedia. Aku jadi penasaran nih sama jurnal-jurnal yang bisa kita akses sebagai bahan referensi, biasanya jurnalnya itu bagus-bagus dan lengkap lho datanya

    ReplyDelete
  12. Wah beruntung sekali bisa mengikuti pelatihan Wikipedia... Semoga pelatihannya memberikan manfaat bagi blog sendiri juga ya sista

    ReplyDelete
  13. Barokallah ya BUnrit kemarin nimba ilmunya, jadi tahu bagaimana membuat akun dan lain sebagainya. Udah nggak penasaran lagi, tapi harus istiqomah juga nih buat nulis di sini hahaha

    ReplyDelete
  14. Belum sempat nginput tulisan di wiki nih mbak padahal udah dapet ilmunya ya kemarin. Sebenernya lumayan buat ngasah kemampuan nulis dan kita jadi belajar ilmu baru lagi

    ReplyDelete
  15. Menarik yaa, dan ternyata kalau mau nulis buat wikipedia lumayan juga tahapan dan bacaan yang harus diselesaikan termasuk baca buku berisbn dan jurnal juga

    ReplyDelete
  16. Seru ya acaranya. Sayang kemarin gak bisa ikut. Namun baca hasil pelatihannya disini cukup lengkap nih. InsyaAllah dipraktekkan dan ingin ikut kompetisinya juga.

    ReplyDelete
  17. Seru sekali yaaa punya pengalaman baru untuk kulik Wikipedia. Ternyata kita bisa juga berkontribusi melalui cara ini.

    ReplyDelete
  18. Wah, kapan ya ada pelatihan serupa buat bloger Surabaya dan sekitarnya? Aku suka baca artikel di Wikipedia. Banyak macam dan bobot tulisannya. Berharap bisa memberi kontribusi nanti. Ada info lombanya juga, jadi langsung ngiler. Terima kasih infonya, Mbak. Penasaran bikin tulisan di sana nih. Tancaaap!

    ReplyDelete
  19. Hai mbaa...maaf baru kesini buat bw. Sebenarnya kemarin udah mupeng pengen ikutan ini tapi karena gak bisa ijin jadi nunggu ulasan temen2 aja nih..


    Makasih infonya mbak nanti aku coba juga nguprek wikipedia deh.... Xixixi..

    ReplyDelete
  20. Baru tahu kalau Wikipedia itu bagian dari Wikimedia. Dan ternyata banyak juga 'wiki-wiki' itu.

    Tahapan menulis di Wikipedia cukup panjang, ya. Ada beberapa step yg harus dilakukan. Register akunnya sih mudah. Tapi nulisnya itu ya gak boleh salah juga.

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email