header marita’s palace

10 Drama Korea Wajib Tonton Bertema Mirip, Mana Favoritmu?

Konten [Tampil]
10 drama korea wajib tonton di 2021
Hi, pals. Kali ini aku kembali menyapa teman-teman kongkow dengan daftar drama Korea wajib tonton. Beberapa di antaranya masih on going lo. Menariknya, judul-judul drama berikut ini memiliki alur cerita yang hampir mirip. Penasaran? Langsung aja yuk kulik satu per satu.

10 Pilihan Drama Korea Wajib Tonton

Daripada tema romance, aku memang lebih menyukai drakor bergenre thriller, detective dan sejenisnya. Entahlah, menurutku tema-tema tersebut lebih menantang dan bikin penasaran.

Namun buat kalian pecinta romance, don’t worry karena aku menyisipkan dua judul drama Korea wajib tonton dengan tema tersebut. So, check these out!

1. Alice vs Sisyphus The Myth

Aku sengaja memasukkan Alice dan Sisyphus The Myth di urutan pertama. Bukan karena dua judul ini lebih menarik dibanding lainnya, tetapi karena alur ceritanya cukup mengesankan. Kalau nggak bisa dibilang agak membingungkan, wkwk.

Dua judul drama Korea ini mengangkat tema time traveler alias perjalanan waktu. Baik di Alice dan Sisyphus, ada tokoh yang berprofesi sebagai ilmuwan. Tokoh tersebut yang kemudian menjadi pelopor terjadinya perjalanan waktu.

Alice dibintangi oleh Joo Won yang berperan sebagai Park Jin Gyeom dan Kim Hee Sun dengan peran gandanya sebagai Yoon Tae Yi dan Park Sun Young. Disiarkan di SBS pada 28 Agustus - 24 Oktober 2020, drama ini menarik hati dan membuatku penasaran dengan endingnya.

Ilmuwan yang menjadi pelopor perjalanan waktu di drama ini adalah Yoon Tae Yi. Namun suatu hari ia kembali ke masa lampau untuk mengambil sebuah kitab nubuat yang konon akan merusak alur perjalanan waktu.

Perjalanannya ke masa lampau mengubah segalanya. Kitab yang dicarinya itu ternyata menceritakan tentang kisah hidupnya. Yoon Tae Yi berusaha untuk mengubah masa depan agar tak berakhir tragis. Apakah usahanya berhasil, dan apa hubungan Yoon Tae Yi dengan Park Jin Gyeom? Cuzz deh ditonton sendiri, wkwk.
drama korea time traveler
Hampir mirip dengan Alice, Sisyphus juga menceritakan seorang ilmuwan cerdas bernama Han Tae Sul yang diperankan oleh Cho Seung Woo. Suatu hari, Tae Sul dikagetkan dengan kedatangan Gang Seo Hae, diperankan oleh Park Shin Hye, yang mengaku berasal dari masa depan.

Tae Sul adalah peneliti yang menemukan teknologi untuk melakukan perjalanan waktu. Sayangnya di masa depan, teknologi itu nantinya justru menjadi buah simalakama. Peperangan terjadi dengan sengit, dan dunia menjadi kacau. Seo Hae datang untuk meminta Tae Sul agar menghentikan penelitiannya.

Sejak episode pertama, Sisyphus hadir dengan balutan alur yang menarik dan membuat penasaran. Disisipi dengan beberapa adegan tembak-tembakan dan loncat-meloncat dari ketinggian yang bikin deg-deg ser, drama korea yang masih tayang di JTBC dan bisa disaksikan via Netflix ini wajib banget ditonton.

Aku pun penasaran apakah akhirnya akan happy ending atau memberikan open ending sebagaimana Alice? Kuy lah kita nonton bareng-bareng.
Benang merah dari kedua drama ini adalah pentingnya untuk melakukan yang terbaik di hari ini. Tak penting untuk tahu masa depan seperti apa. Jika kita memberikan effort terbaik di masa sekarang, tak perlu ada penyesalan di masa depan.

2. Awaken vs L.U.C.A: The Beginning

Kalau disuruh memilih drama Korea favorit dari 10 judul yang ada di postingan ini, maka dua drama ini akan menjadi jawabanku. Ada banyak persamaan dari dua drama kece ini. Pertama, pemeran utamanya sama-sama aktor kawakan, yang kualitas aktingnya nggak diragukan lagi.

Di Awaken ada Nam Kong Min. Pecinta drakor garis keras pastinya nggak bakal asing dengan nama doi. Peran-peran yang dimainkannya selalu meninggalkan kesan yang mendalam. Sebut saja, perannya sebagai Na Yi Je di Doctor Prisoner dan Baek Seung Soo di Hot Stove League.

Di drama bergenre thriller ini, Nam Kong Min berperan sebagai Do Jeong Wo, seorang detektif cerdas yang menyimpan sebuah misteri besar dalam hidupnya. Siapa nyana, Do Jeong Wo ini setengah manusia super gitu deh. Nggak cuma otaknya aja yang cerdas luar biasa, tapi tubuh doi juga lebih kuat daripada manusia pada umumnya.

Usut punya usut, ternyata doi adalah anak dari seorang ilmuwan yang ambisius. Ibunya, si ilmuwan tersebut, berambisi untuk membuat manusia abadi. Bahkan sejak di dalam kandungan, si bayi sudah disuntik dengan berbagai macam jenis obat-obatan.

Singkat cerita, sebuah tragedi besar terjadi di pusat penelitian. Do Jeong Wo kecil, adik kembarnya dan satu orang anak kecil lainnya melarikan diri. Sayangnya mereka harus terpisah, tetapi takdir mempertemukan mereka lagi. Salah satu dari tiga anak ini tumbuh dengan dendam membara dan akhirnya menjadi pembunuh berantai.

Siapakah si pembunuh itu dan bagaimana ending dari drama Korea yang ditayangkan di tvN pada 30 November 2020 - 18 Januari 2021 itu? Cuzz lah cari videonya, dijamin bikin penasaran.
drama korea tentang manusia super
Jika Awaken punya Nam Kong Min, L.U.C.A: The Beginning punya Kim Rae Won. Jangan menunggu pesona Rae Won yang mematikan, karena di L.U.C.A kita akan disuguhi Rae Won yang lusuh dan menyeramkan. Namun pesona dari matanya tetap nggak bisa tergantikan, wkwk.

Hal menarik lainnya dari L.U.C.A yaitu lawan main Rae Won yang tak kalah badass, yaitu Lee Da Hee. Tahu kan unnie cantik yang sebelumnya main di drama WWW ini?

Aku sempat pangling lo dengan penampilan Lee Da Hee. Sebelumnya di WWW, dia tampil sebagai eksekutif muda yang dandanannya high class. Sementara di L.U.C.A, dia berperan menjadi detektif wanita yang kumal dan tanpa make up. Keren banget dah.

Persamaan kedua dari Awaken dan L.U.C.A yaitu tokoh utamanya sama-sama hasil dari penelitian ambisius para ilmuwan. Lebih mengerikan, Ji Oh, tokoh yang diperankan Kim Rae Won di L.U.C.A, bukan hanya manusia super biasa. Dia merupakan makhluk yang dibuat dari banyak spesies, salah satunya adalah belut listrik. Jadi jangan kaget kalau di drama Korea ini kalian akan sering melihat kilatan-kilatan listrik dari mata Rae Won.

Pekan ini, L.U.C.A yang ternyata merupakan singkatan dari Last Universal Common Ancestor memasuki 2 episode terakhir. Apakah Ji Oh akan selamat dan bisa hidup sebagai manusia biasa seperti yang dicita-citakannya? Aku pun sama penasarannya dengan kalian, pals. Ntar malam kita nonton bareng yuk di VIU.

Oh, ya persamaan ketiga dari dua drama Korea ini adalah sama-sama ditayangkan di tvN. Nggak bisa dipungkiri, tvN memang selalu ciamik kalau bikin drama, sinematografinya nggak main-main.
Dari dua drama ini, kita bisa belajar bahwa secerdas-cerdasnya kita, tidak akan ada yang bisa mampu menandingi ciptaan Tuhan. Sehebat-hebatnya kita mencoba menjadi Tuhan, manusia hanyalah makhluk yang penuh kelemahan. Sombong, tamak dan rasa tidak puas adalah bagian dari kelemahan tersebut.

3. Kairos vs Times

Dua judul berikutnya lagi-lagi merupakan drama Korea wajib tonton yang akan memuaskan bagi kalian pecinta genre thriller. Persamaan dari kedua drama ini yaitu adanya komunikasi lintas dimensi waktu antara kedua pemeran utamanya.

Kairos mengisahkan pengusaha muda bernama Kim Seo Jin, diperankan oleh Shin Sung Rok, yang tiba-tiba bisa menghubungi Han Ae Ri. Uniknya keduanya tidak berada dalam dimensi waktu yang sama. Seo Jin berada dalam dimensi waktu sebulan lebih cepat dari dunianya Han Ae Ri.

Seo Jin yang saat itu tengah berputus asa karena anak istrinya tiba-tiba diculik dan ditemukan meninggal dunia, berusaha untuk mengubah keadaan. Dia meminta Ae Ri untuk membantunya. Satu demi satu perubahan terjadi menghasilkan dampak yang berbeda-beda.

Usaha yang dilakukan oleh Ae Ri dan Seo Jin tak selalu berjalan mulus. Namun pada akhirnya mereka menyadari ada benang merah yang mempertemukan keduanya. Apakah benang merah tersebut? Cuzz cari tahu sendiri, pals.

Btw, sepanjang drama tersebut tayang, aku bingung dengan makna Kairos. Ternyata diambil dari bahasa Yunani kuno, bermakna momen yang tepat. Sesuai dengan alur cerita dari dramanya di mana kedua pemeran utama menunggu momen yang tepat untuk mengubah takdir menjadi lebih baik.
drama korea tentang lintas dimensi
Lalu bagaimana dengan Times yang masih on going saat ini?

Aku seperti dejavu saat menonton scene demi scene dari Times. Berasa sedang nonton Kairos. Bedanya dua pemeran utama yang saling berhubungan lintas dimensi waktu ini sama-sama jurnalis. Jika di Kairos, yang meminta tolong pertama kali adalah tokoh prianya. Di Times, pemeran utama wanita yang meminta bantuan terlebih dahulu. Meski awalnya sama-sama bermula dari telepon yang diinisiasi oleh pemeran pria.

Perbedaan lainnya jarak waktu yang terbentang antara pemeran pria dan wanita di Times yaitu lima tahun. Cukup panjang ya?

Seo Jung In yang diperankan oleh Lee Jo Young adalah putri dari presiden Korea. Dia juga seorang jurnalis yang terkenal kritis dan tidak mau hidup di bawah nama besar ayahnya. Dunianya tiba-tiba berubah saat ia membuka mata dari tidur singkatnya.

Ayahnya yang seorang presiden ternyata sudah meninggal 5 tahun lalu. Sementara dirinya yang sebelumnya bekerja di sebuah stasiun berita ternama, harus menerima kenyataan kalau tempatnya bekerja kini hanyalah di kantor berita kecil.

Jung In penasaran dengan perubahan dalam hidupnya yang super mendadak. Ia merasa ada yang janggal dari hal tersebut. Hingga suatu hari sebuah panggilan telepon dari Lee Jin Wo yang diperankan oleh Lee Seo Jin mengubah segalanya.

Ada benang merah apa di antara kedua tokoh utama tersebut? Kenapa mereka yang tinggal di dua dimensi waktu berbeda dipertemukan lewat telepon? Yuk sama-sama nikmati drama yang tayang tiap hari Minggu dan Senin di OCN ini. Buat yang langganan Viu, bisa juga ikuti kelanjutannya di sana ya.
Takdir bisa diubah dengan usaha terbaik kita saat ini. Sebagaimana termaktub dalam Quran Surat Ar Rad: 11, Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

4. Beyond Evil vs Mouse

Berbeda dari 6 judul yang aku bagikan sebelumnya. Dua drama ini sama-sama mengangkat tema yang sama, dan keduanya juga masih on going. Aku sampai sering tertukar antara keduanya, tapi kalau harus memilih salah satu saja yang diikuti kok ya berat. Sama-sama bikin penasaran soalnya.

Alasan utama aku nonton Beyond Evil karena ada Yeo Jin Goo di drama ini. Aku kesengsem dengan kepiawaian aktingnya saat dia berperan ganda sebagai raja dan badut di drama Crowned Clown. Fyi, Yeo Jin Goo ini sudah berakting sejak kanak-kanak. Semakin tahun, semakin matang aja kualitas aktingnya.
 
Di drama terbarunya ini, Yeo Jin Goo berperan sebagai Han Joo Won, seorang detektif yang mengejar pelaku pembunuhan berantai. Dia mencurigai kalau partner barunya, Lee Dong Shik, yang diperankan oleh Shin Ha Kyun adalah si pembunuh berantai.

Aku jamin kalian akan dibuat kepo dan penasaran siapa sebenarnya si pembunuh berantai ini. Karena setiap tokoh yang ada di drama punya alasan untuk menjadi pembunuh. Belum lagi ditambah mimik-mimik yang misterius, juga adegan penuh tanda tanya yang semakin membuat kita nggak mau berhenti di satu episode saja.
drama korea tentang pembunuh berantai
Nggak jauh berbeda dari Beyond Evil, Mouse pun mengangkat tentang cerita psikopat yang melakukan pembunuhan berantai. Dua episode pertama dari drama comeback-nya Lee Seung Gi ini sudah mampu membuatku jatuh hati, dan penasaran untuk menyaksikan episode berikutnya.

Mouse menceritakan tentang anak pembunuh berantai yang menurut penelitian juga memiliki gen psikopat. Selain anak pembunuh, ada tokoh lain yang juga memiliki gen psikopat. Jadi dari dua orang yang punya gen psikopat ini, manakah yang menjadi pelaku pembunuhan berantai? Aku pun masih belum bisa menebaknya. Cuzz lah kita tunggu lanjutannya.
Seorang anak adalah cerminan pengasuhan orangtuanya. Anak psikopat belum tentu tumbuh menjadi seorang psikopat, selama ia diasuh dengan curahan kasih sayang dan didikan yang penuh kelembutan. Sebaliknya orang yang tak memiliki gen psikopat bisa tumbuh menjadi mengerikan, jika ia terus-terusan dihujani dengan pengabaian, kemarahan dan kekerasan.

5. True Beauty vs Gangnam Beauty

Untuk menutup daftar drama korea wajib tonton kali ini, aku akan menghadirkan dua judul yang cukup ringan. Aku yakin kalau dua drama ini sih sudah banyak yang menontonnya hingga khatam. Sama-sama menggunakan judul dengan akhiran beauty, True Beauty dan Gangnam Beauty mengangkat kisah tentang insecurity issues dari tokoh utama perempuan. Di mana sang tokoh merasa tidak percaya diri dengan penampilannya, karena terus-terusan mendapat bully dari teman sekolah.

Bedanya jika di True Beauty, tokoh perempuan menemukan kepercayaan dirinya dari make up skill yang dipelajarinya. Tokoh utama Gangnam Beauty memilih untuk melakukan operasi plastik, hingga kemudian menjadi lebih pede menunjukkan skill menarinya.
drakor tentang beauty life
Persamaan berikutnya dari kedua drama ini yaitu kehadiran Cha Eun Woo sebagai tokoh utama pria. Keknya doi emang spesialis lakon penyelamat cewek-cewek insecure deh, wkwk. Bedanya di True Beauty, aku melihat aktingnya semakin matang.

Jujur aku nggak menonton Gangnam Beauty hingga selesai. Meski menarik, tapi entah kenapa aku nggak bisa menikmati chemistry antara Cha Eun Woo dan Im So Hyang. Beda saat Cha Eun Woo berlakon bareng Moon Ga Young di True Beauty, tek-tokannya dapat banget. Apalagi bromance antara Eun Woo dan Hwang In Yeop juga uwu-uwu banget. Aku sih say yes buat True Beauty, hehe.

Apalagi original soundtrack alias OST drakor ini kece-kece beud. Nggak hanya yang dinyanyiin sama Cha Eun Woo, hampir semua lagunya top markotop, masih terngiang-ngiang sampai hari ini.

Kalau menurut teman-teman kongkow yang sudah menonton kedua drama ini, mana yang lebih kalian sukai?
Kecantikan yang sejati bukanlah berasal dari indahnya paras, tetapi saat kita telah menemukan apa potensi diri yang bisa membuat kita berbinar dan bersinar.
Nah, itulah 10 drama wajib tonton yang punya kemiripan tema dan alur. Semoga bisa memberikan inspirasi buat teman-teman yang sedang mencari hiburan di sela-sela padatnya rutinitas harian. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan-postingan selanjutnya, pals!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

29 comments

  1. saya suka semua genre drakornya.. thriller dan sci-fiction..
    note lahh..
    gangnam beauty saya udah baca webtoonya.. blom sampe habis juga sih.
    penasaran juga kalo dijadiin film yang diperankan manusia, jadi pada seperti apa ya

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya paling penasaran sama Sisyphus The Myth. Tapi kayaknya nunggu tamat dulu deh baru maraton nontonnya, soalnya aku ga kuat kalo penasaran tiap minggu harus nunggu terus hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku tim on going mbak, jadi berasa nonton sinetron dulu kala.. tayangnya seminggu sekali bikin penasaran. Plus yang ditonton on goingnya nggak cuma satu soale hihi.

      Delete
  3. Belom ada satupun yang saya tonton Mba, yang True Beauty itu pernah saya tonton episode pertama, tapi nggak sampai habis, agak kurang greget sih saya dengan ceritanya, padahal kata orang itu bagus ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awal-awal belum muncul gregetnya. Saya juga awalnya underestimate karena nggak begitu suka drama bertema sekolah dan remaja gitu. Tapi ternyata semakin bertambah episodenya semakin menarik. Ada hikmah parenting dan tips pernikahan juga, komplit menurut saya. Jadi akhirnya bertahan hingga akhir.

      Delete
  4. Kairos sama Times ini sesungguhnya mengingatkan aku sama anime Kimi No Na Wa deh.

    Aku tuh ngerasa gimana gitu sama Cha Eun Woo yang muncul di True Beauty sama Gangnam Beuaty. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, aku nggak pernah nonton drama Jepang, hehe. Deket2 sama Jepang zaman masih SMA aja karena belajar bahasanya, setelah itu udah lupa deh.

      Cha Eun Woo semakin matang malah menurutku sekarang aktingnya. Mungkin juga karena di True Beauty main sama yang usianya sebaya jadi lebih keluar ekspresi2nya.

      Delete
  5. Dari list nya kak Marita belum ada yang pernah daku tonton, baru pernah baca ulasannya aja. Kalau tema mirip² gitu jadinya membandingkan juga ya hehe, tinggal pilih yang asik dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya mbak, jatuhnya akhirnya membandingkan. Tapi tiap dramanya selalu ada ciri khas khususnya sih.

      Delete
    2. Iya lho ... alu pun sejak hobi nonton begini ya emang jadi banyak membandingkan. Nggak drama nggak film.

      Udah gitu mulai berasa eungeuh kalau si drama ini kok mirip ini dan itu gitu ya Mba.

      Delete
  6. Penasaran dengan True beauty, yang lain juga sepertnya bagus. Makasih banyak rekomendasinya yaa :D. Lama gak ngedrakor jadi kangen.

    ReplyDelete
  7. Lama banget gak ngedrakor, lom ada yang bisa bikin semangat. Entah udah berapa kali rerun because this is my first life nya jung so min. Aku lebih suka genre reality gitu mba, orang2 yang gak punya rumah, kismin, tapi ada pesan untuk tetap semangat.

    ReplyDelete
  8. dari list diatas yg baru kutonton yg terakhir, true beauty dan gangnam
    aku juga pengen ntn mouse
    kangen lihat comeback LSG

    ReplyDelete
  9. Duh duh duh.... Akutuh kalau ngomongin drama korea, suka salah fokus. Bukan nya baca sinopsis dengan hikmat, malah mantengin daftar pemainnya... Hahaha

    Btw, penasaran sama drakornya jin tak. Lama akutuj gak nonton oppa nya ��

    ReplyDelete
  10. jujur aku bukan penggemar drama dan film Korea kak heheh tapi kalau ditanya genre film, aku sukanya yang triller atau horror, hehehe kalau ada yang gore aku juga suka ....

    ReplyDelete
  11. Wah 10 drama itu belum ada dalam daftar list tontonanku. Tapi yang pertama menarik sih. Aku cenderung suka yang bertema finansial, startup/konflik anak sma. Hehehe..seru aja gitu. Thanks rekomendasinya kak.

    ReplyDelete
  12. Aku ga ada yang akrab sama sekali dengan judul yang ditampilkan, Mbak, hehe. Maklum bukan anak drakor. Nonton drakor cuma The Man from Nowhere sam film The Pirates aja, haha. Kalau disuruh milih ya aku mupeng nonton Beyond Evil vs Mouse karena mengandung misteri dan penyelidikan ala detektif. Menguji nalar dan deg-degan juga. Secara akting pemain Korea itu bagus-bagus, jadi dijamin menghibur. Makasih ya rekomendasinya.

    ReplyDelete
  13. Temanya keren² jg yg dibahas. Ada film futuristik, thriller dsb. Kirain film Korea drama doang yg ngetopnya, that's why sy gak pernah nonton ��.

    ReplyDelete
  14. Aku tim yang setuju drama korea selalu mengahdirkan cerita drama kehidupan unik, seru, menantang
    Sayangnya aku jarang banget nonton drakor, malah bisa dibilang belum pernah nonton drakor ber episode. Soalnya takut waktunya terbuang sia-sia dan ketagihan hehe

    ReplyDelete
  15. Waw sepertinya aku pengen nonton yg no 5 deh mbak. True beauty, sepakat banget sama quotesnya "Kecantikan yang sejati bukanlah berasal dari indahnya paras, tetapi saat kita telah menemukan apa potensi diri yang bisa membuat kita berbinar dan bersinar"

    ReplyDelete
  16. kayaknya belum ada satupun yang sudah saya tonton deh mbak. Tapi boleh juga Beyond Evil vs Mouse kayaknya karena bercerita tentang pembunuhannya.

    ReplyDelete
  17. Asli aku familiernya cuma True Beauty sama Gangnam Beauty aja nih Mbak Marita... sama2 berkisah mengenai oplas yaa. Yg lain boleh deh ntar kumasukin watching list k, makasih yaa

    ReplyDelete
  18. Oo.. ternyata banyak juga drakor yang diangkat dari cerita Webtoon. Dari judul di atas banyak sih yang belum aku tonton. Sering tapi liat berseliweran di timeline emak2 pecinta drakor. Hehehehe

    ReplyDelete
  19. Waduh ternyata banyk banget y drama korea itu. Meski bukan penggemarnya tapi bisa jadi refrensi kalo gabut bisa dicoba nonton semuanya nih

    ReplyDelete
  20. Kemarin temenku jg ngobrolin soal mouse. Tapi takut mau nonton kalo ada bunuh2annya wkwk. Cupu emang.
    Mba mar, kalo penthouse bagus ngga

    ReplyDelete
  21. Wah belum semua aku tonton nih. Ketahuan deh bukan penggermar berat drakor hehehe. Namun 1-2 drakor ada sih yg ditonton.

    ReplyDelete
  22. kenapa sih aku takut banget mau nonton drakor tuh, takut ketagihan hahaha.. nanti jd males-malesan nonton mulu wkwkw

    ReplyDelete
  23. Walau bukan penggemar drakor, stidaknya saya paham bahwa alur ceritanya memang menarik dan edukatif. Apalagi yang bertema cinta, lumayan lah ya mengoyak emosi penonton. Thank mbak rekomendasinya

    ReplyDelete
  24. Ternyata drama Korea banyak banget ya genrenya. Dulu aku kira cuma genre romance aja sih. Ternyata, setelah cari tau banyak tentang drama Korea, akhirnya tau juga kalau ada banyak genre di drama Korea dan bahkan ada yang mirip-mirip sebagaimana yang dijelaskan sama Mbak Marita.

    ReplyDelete

Post a Comment