header marita’s palace

5 Tips Webinar Hemat Kuota dengan Paket Telkomsel

1 comment
Konten [Tampil]
webinar hemat kuota paket telkomsel
Siapa yang sehari-hari menggunakan paket Telkomsel untuk webinar? Sejak ada pandemi, webinar menggunakan Zoom, Google Meet atau aplikasi-aplikasi sejenis, memang nggak bisa dihindari. Semua kegiatan yang dulunya dilaksanakan secara offline, dipindahkan melalui webinar.

Tentunya ada plus minusnya ya event yang diselenggarakan via webinar. Plusnya tentu saja kita bisa hemat ongkos bensin, karena nggak perlu ke luar rumah menuju lokasi acara. Bisa lebih santai urusan pakaian. Hayo siapa yang suka webinar atasnya kerudungan rapi, bawahnya dasteran? Hehehe.

Namun dari sisi minus tentu saja, webinar bikin kuota kita bisa lebih cepat menipis. Meski paket Telkomsel sudah memiliki banyak pilihan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun kalau ada cara untuk lebih berhemat dalam pemakaiannya, nggak ada yang nolak kan?

5 Tips Hemat Kuota Saat Webinar

So, ini dia tips hemat kuota saat webinar dengan paket Telkomsel yang bisa kalian coba. Terutama buat teman-teman kongkow yang mau nggak mau harus bertemu dengan webinar setiap hari. Entah untuk meeting online urusan kerjaan, sekolah onlinenya anak, join kursus online atau menghadiri gathering event sepertiku.
tips hemat kuota saat webinar

1. Matikan Video Saat Memungkinkan

Video itu sangat menyedot kuota. Maka jika penyelenggara event memperbolehkan untuk off cam, sebaiknya off cam saja. Nanti saat kita butuh untuk bertanya atau menjawab sesuatu, baru deh video dinyalakan lagi.

2. Kembali ke Home Screen Device

Untuk menghemat kuota, kita juga bisa mengembalikan tampilan layar ke bagian home screen. Jangan khawatir aplikasi komunikasi online yang sedang terbuka akan terputus, karena aplikasi-aplikasi tersebut akan tetap aktif meski layar dikembalikan ke home screen.

Artinya kita tetap bisa mendengar audio dari aplikasi komunikasi online tersebut, Hanya saja kekurangannya tentu saja, kita harus menyimak baik-baik audionya agar tidak ketinggalan isi materi. Saat pemateri sedang menyajikan presentasi, kita bisa kembali mengaktifkan layar untuk memuat aplikasi tersebut.

3. Matikan Fitur Video HD

Salah satu fitur yang diberikan oleh smartphone atau laptop zaman now yaitu menyematkan video berukuran HD agar saat melakukan webinar, video yang tampil jauh lebih terang dan jelas. Namun kekurangannya semakin tinggi kualitas sebuah video, tentu saja menyedot kuota jauh lebih banyak.

Nah, jika teman-teman kongkow mau menghemat kuota selama webinar, coba deh settingan resolusi videonya bisa diturunkan. Selama gambarnya masih nyaman dan kita tetap bisa mengikuti acara dengan baik, kenapa nggak kan?

4. Kurangi Penggunaan Screen Sharing

Ternyata salah satu penyebab borosnya kuota adalah sering melakukan screen sharing ketika webinar. Nah, jika kalian sedang tidak menjadi pembicara atau penyaji materi, sebaiknya hindari penggunaan screen sharing.

Sementara itu, jika kalian adalah si pengisi materinya, teman-temankongkow bisa mengakalinya dengan membagikan materi terlebih dahulu kepada peserta sebelum webinar dimulai. Biarkan peserta membaca materinya sebelum sesi dimulai. Sehingga saat webinar tak perlu sering-sering menggunakan screen sharing.

Kita bisa menggunakan screen sharing hanya saat benar-benar diperlukan. Misal untuk memberikan penjelasan lebih lanjut atau ketika akan menyampaikan sanggahan.

5. Unmute Microphone Saat Tidak Digunakan

Siapa bilang kuota cepat jebol hanya karena video? Penggunaan microphone yang kurang bijak pun ternyata bisa membuat boros kuota. Meski tidak ada audio yang masuk sama sekali, microphone yang aktif tetap menyedot banyak kuota.

Makanya kalau sedang tidak dibutuhkan, matikan saja microphonenya. Nanti saat giliran kita bicara, baru deh microphone-nya dibuka.

Apakah selama ini 5 tips hemat kuota saat webinar di atas sudah kalian lakukan, pals? Jika belum mulai hari ini, bisa mulai dipraktekkan.

Beli Paket Telkomsel? Cuzz Ke PAYFAZZ Aja!

Nah, cara menghemat kuota paket kan sudah tahu. Sekarang aku sekaligus mau menginformasikan di mana bisa membeli paket Telkomsel yang terjangkau dan tersedia banyak pilihan. Di mana lagi kalau bukan di PAYFAZZ.
beli paket telkomsel di payfazz
PAYFAZZ adalah penyedia layanan finansial digital yang didirikan oleh Hendra Kwik, Ricky Winata dan Jefriyanto sejak 2016. Mereka telah berkomitmen untuk bisa menghadirkan kemudahan akses dan layanan teknologi keuangan baik bagi para pelaku UMKM dan masyarakat tanpa terkecuali.

Saat ini PAYFAZZ telah memiliki ratusan juta agen yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Dengan fitur dan layanan terbaik yang dimilikinya, PAYFAZZ yakin bisa melayani semua kebutuhan layanan finansial digital dengan optimal. Termasuk juga pembelian paket Telkomsel.

Bahkan tak hanya bisa membeli paketnya, teman-teman kongkow juga bisa mendaftar agen PAYFAZZ dengan mudah. Kapan lagi bisa dapat tambahan penghasilan di masa serba sulit seperti sekarang? Sembari tetap ikut webinar ini dan itu, kita bisa melayani transaksi pembelian paket kuota dengan mudah.

Untuk bergabung jadi agen, nggak dipungut biaya sepeser pun lo. Cukup unduh dan install saja aplikasi PAYFAZZ di ponsel. Mudah kan? Yuk lah mulai hemat kuota saat webinar dengan paket Telkomsel yang bisa kita beli lewat PAYFAZZ. Happy meeting and gathering online, pals!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Info ini bermanfaat buat yang masih sekolah dan kuliah, nih, pastinya saat acara seperti ini semua butuh hemat kuota. Thanks infonya.

    ReplyDelete

Post a Comment