header marita’s palace

Gerakan Sosial Ayo Tunjuk Tangan, Yuk Berjamaah Menuju Generasi Maju

18 comments
Konten [Tampil]
gerakan sosial ayo tunjuk tangan sgm eksplor
Aku sudah menjadi bagian dari gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan yang digagas oleh SGM Eksplor, bagaimana denganmu, pals?

#AyoTunjukTangan adalah gerakan sosial yang punya misi luar biasa. Maka rasanya sayang jika kita tak ambil bagian di dalamnya.
Di masa pandemi, banyak sekali masyarakat yang terdampak ekonominya. Sementara itu, mau tak mau kehidupan harus terus berjalan.

Anak-anak masih harus dijaga nutrisi dan kualitas pendidikannya. Padahal untuk makan sehari-hari saja, ada beberapa keluarga yang merasa kesulitan.

Bersyukur kalau di Jawa Tengah, ada program dari pemerintah yang dinamakan Jogo Tonggo. Aku sendiri pernah merasakan manfaat dari program itu saat virus Covid-19 bercokol di dalam tubuhku.

Saat nggak memungkinkan untuk belanja ke warung dan beli makanan ke luar, para tetangga dengan sigap mengirimi sembako dan catering harian. Hingga kami tak perlu pusing soal kebutuhan sehari-hari, cukup fokus pada pemulihan kesehatan.

Berjamaah adalah ruh yang bisa dirasakan lewat Jogo Tonggo. Sebuah kesadaran bahwa untuk mengatasi sebuah masalah nasional, tidak bisa hanya dilakukan sendirian atau segelintir orang.
Tangan harus saling bersatu-padu, saling bahu-membahu, tanpa melihat perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan.
anak Indonesia maju karena #AyoTunjukTangan

Ruh tersebut pula yang kemudian dihadirkan oleh #SGMEksplor lewat gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan. Sejak diluncurkan pada bulan Agustus 2021, program ini telah berhasil membantu memberikan dukungan akses pendidikan dan nutrisi anak, antara lain berupa;

  • Gawai dan beasiswa pendidikan online bagi 1.500 siswa Sekolah Dasar.
  • Rehabilitasi 10 sekolah.
  • 75.000 produk susu pertumbuhan untuk anak di atas usia 1 tahun yang tersebar di 41 kota dan 15 provinsi di Indonesia.

Gerakan Sosial Ayo Tunjuk Tangan Maksimalkan Akses Edukasi dan Nutrisi Generasi Maju

Jika pada 16 Agustus 2021 yang lalu, aku mengikuti launching program gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan. Senang sekali rasanya pada 9 Desember 2021, aku kembali bisa hadir dan melihat bukti nyata bahwa gerakan tersebut telah berhasil mewujudkan misinya dalam memaksimalkan akses edukasi, nutrisi, dan tumbuh kembang anak demi terciptanya Generasi Maju.

Pada event tersebut, hadir enam narasumber yang membagikan wawasannya terkait pentingnya program kolaborasi sebagai solusi atas masalah nasional yang sedang dihadapi. Karena untuk menyelesaikan sebuah tantangan, sebagai bagian dari masyarakat, kita harus bisa membantu pemerintah dengan memberikan dukungan terbaiknya.

Berikut ini adalah enam narasumber yang dihadirkan pada event tersebut:
narasumber event ayo tunjuk tangan
  1. Ibu Vera Galuh Sugijanto sebagai VP General Secretary Danone Indonesia
  2. Jumeri, S.TP., M. Si., yang merupakan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek)
  3. Daisy Indira Yasmine, S.Sos., M.Soc. Sci., seorang pengamat sosial anak dan sosiolog dari Universitas Indonesia
  4. Astrid Prasetyo sebagai Marketing Manager SGM Eksplor
  5. Andry P Santoso selaku General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel
  6. Siti Messyana Putri, yaitu Senior Business Development Manager CAKAP
Keenam sosok ini telah membuka mata bahwa kolaborasi adalah aksi yang wajib digalakkan oleh setiap elemen masyarakat demi terwujudnya negara yang lebih baik.

Dalam hal ini gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan telah membuktikan keberhasilannya dalam ikut serta membangun #GenerasiMaju di Indonesia.

Disampaikan oleh Ibu Vera Galuh Sugijanto dalam pembukaan acara ini, bahwa setiap program yang digelar oleh Danone harus bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat. Begitu juga dengan Ayo Tunjuk Tangan yang hadir untuk membantu 9 dari 10 anak yang masih menghadapi tantangan akses edukasi dan nutrisi.

Pengen tahu seperti apa gerakan sosial #AyoTunjukTangan mampu menjadi salah satu program penting yang tak boleh dilewatkan? Aku bakal ceritakan lebih lanjut.

Merdeka Belajar Sejak Dini

Mewakili dari sisi pemerintahan, kehadiran Bapak Jumeri, S.TP., M. Si., selaku Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) mengingatkan kembali tentang visi Generasi Emas Indonesia 2045.
Anak-anak Indonesia saat ini dapat menjadi mesin pembangunan yang luar biasa saat mereka mencapai usia produktif apabila mereka tumbuh sebagai generasi masa depan yang berkualitas unggul, maju, kreatif, bernalar kritis, memiliki jiwa kebhinnekaan, mandiri, cerdas, dan sehat. Namun untuk mencapainya diperlukan adanya kemerdekaan belajar. (Pak Jumeri) 
Pemerintah telah berupaya sebaik mungkin untuk menciptakan kemerdekaan belajar. Hal tersebut bisa terlihat dari perbaikan kurikulum, rehabilitasi sekolah dan program-program yang bisa lebih memfasilitasi anak Indonesia agar belajar lebih optimal.
merdeka belajar ala pak Jumeri
Setelah pandemi usai, Pak Jumeri menceritakan bahwa prioritas penting pemerintah adalah meningkatkan program pendidikan di Indonesia Timur dan memulai pertemuan tatap muka.

Sayangnya usaha pemerintah tidak bisa mencapai angka maksimal, jika tidak ada dukungan dari lapisan masyarakat. Oleh karenanya pemerintah sangat mengapresiasi setiap inisiatif dan praktik baik dari pihak swasta yang mau ikut memberikan kontribusi untuk mendukung gerakan Merdeka Belajar demi Anak Indonesia Maju.

Ayo Tunjuk Tangan adalah salah satu gerakan sosial yang patut diapresiasi karena telah terbukti mampu membantu pemerintah dalam membangun Generasi Maju.

Tantangan Membangun Generasi Maju dan Pentingnya Keterlibatan Masyarakat

Nah, ngobrolin soal kolaborasi dan keterlibatan masyarakat dalam memberikan dukungan kepada visi misi pemerintah, Daisy Indira Yasmine, S.Sos., M.Soc. Sci. selaku pengamat sosial anak dan sosiolog dari Universitas Indonesia menggedor jiwa-jiwa yang hadir di hari itu untuk langsung mengambil peran.

Di masa pandemi ini kemerdekaan belajar yang disampaikan oleh Pak Jumeri memperlihatkan sebuah tantangan nyata. Saat pembelajaran harus dilakukan secara online, faktanya hanya 15% siswa pedesaan yang memiliki komputer untuk belajar.
tantangan generasi maju
Sementara, untuk pelajar yang tinggal di perkotaan, hanya ada 25% yang mempunyai komputer untuk belajar dari rumah. Bahkan tak hanya itu, banyak siswa yang harus berbagi ponsel pintar dengan saudara atau orang tua.

Sedangkan tugas terus berjalan. Mau tak mau banyak siswa yang kemudian bergantung pada temannya untuk mengerjakan tugas sekolah.

Belum lagi banyak anak yang kekurangan nutrisi karena perekonomian keluarga terdampak pandemi. Asal bisa makan dan tetap hidup saja sudah bersyukur.

Mengapa Masyarakat Perlu Terlibat dalam Gerakan Sosial?

Jika kita hanya memikirkan kondisi masing-masing dan tak berupaya untuk menengok kehidupan orang lain di luar sana, mungkin kita tak akan tergerak untuk melakukan keterlibatan. Oleh karenanya Daisy Indira Yasmine menyampaikan bahwa support system bisa terwujud saat kesadaran masyarakat pada sebuah tantangan nasional telah terbentuk.
pentingnya kolaborasi by sosiolog Daisy Indira
Kesadaran masyarakat akan pemenuhan nutrisi dan pendidikan adalah hal yang penting sebagai langkah awal untuk mengembangkan potensi anak. Setelahnya kesadaran tersebut akan menggerakkan keinginan untuk terlibat dalam kolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta. (Daisy Indira)
Ketika kita sebagai anggota masyarakat mampu menyadari bahwa diri kita adalah aktor penting dalam pembangunan yang bisa memberikan kontribusi dalam kemerdekaan belajar, kita akan dengan suka rela melakukan kerja bakti, menjadi sukarelawan, dan bergabung dalam aksi-aksi kolektif digital.

Kesadaran akan sebuah masalah yang dihadapi secara nasional mampu membangkitkan sisi emosional kita. Pada akhirnya kesadaran tersebut bisa menggerakkan empati kita untuk melakukan gerakan sekecil apapun demi menghasilkan perubahan dalam peningkatan kualitas kehidupan komunitas, masyarakat, negara dan dunia.
bentuk civil engagement

Manfaat Terlibat dalam Gerakan Sosial

Ketika kesadaran diri masih belum mampu bisa menjadi penggerak bagi kita untuk turut andil dalam sebuah gerakan sosial, mungkin kita perlu tahu bahwa ada manfaat yang bisa didapatkan atas keterlibatan tersebut.

Aktif terlibat dalam program-program kebaikan bukan hanya sekadar memberikan manfaat kepada orang lain lo. Semakin kita banyak memberi, sejatinya saat itu kita juga secara aktif menerima hal-hal baru.
Sebagaimana konsep rezeki; semakin kita bersyukur, semakin banyak yang akan kita dapatkan.
Saat kita mampu menggerakkan diri untuk berbagi manfaat, sebenarnya saat itulah kita sedang bersyukur atas apa yang kita miliki. Dengan begitu, secara langsung ataupun tak langsung ada manfaat yang juga hadir dalam diri kita.

Menurut mbak Daisy Indira, berikut ini beberapa manfaat jika kita mau aktif terlibat dalam aksi-aksi sosial:
manfaat bergabung dengan gerakan sosial
Ternyata salah satu manfaatnya adalah bahagia dan sehat lo. Jadi buat teman-teman kongkow yang saat ini merasa hidupnya hampa, cuma begini-begitu saja, kurang greget, sudah saatnya untuk menunjukkan keterlibatan dalam program-program kebaikan.

Memang bagaimana sih caranya agar bisa ikut terlibat dalam gerakan sosial, bisa jadi adalah pertanyaan dari beberapa sohib kongkow.

Sepertinya mbak Daisy tahu aja kalau pertanyaan ini bakalan hadir. Setidaknya ada empat cara yang bisa kita lakukan untuk memulai keterlibatan, mau tahu apa saja?
bagaimana cara terlibat dalam gerakan sosial


1. Tahu Isu

Kenali permasalahan yang dihadapi. Misalnya nih, aku bersama segerombolan teman punya keprihatinan terkait isu kekerasan, baik itu bullying dan kekerasan seksual.

Nah, kalau kaitannya dengan pendidikan, maka kita perlu buka mata nih, di luar sana ada berapa banyak anak Indonesia yang masih kekurangan akses edukasi dan nutrisi.

2. Inisiatif dan Aksi

Setelah kita tahu masalahnya di mana dan seperti apa, saatnya kita mencari solusi. Kalau aku dan teman-temanku mewujudkannya lewat program KLIK dan Ruang Bicara demi mendukung gerakan anti bullying dan kekerasan seksual.

Kalau untuk meningkatkan akses pendidikan bagi anak-anak Indonesia, kita bisa melakukan apa nih?

3. Ajak dan Viralkan

Saat kita sudah menemukan aksi dan merasakan dampak bahwa aksi tersebut memberikan manfaat bagi segelintir orang, yakin deh kalian pasti kepengen agar manfaat itu dirasakan oleh lebih banyak orang lainnya.

Begitu juga saat KLIK dan Ruang Bicara telah digelar, kami sebagai pelopor gerakan itu semakin bersemangat untuk melakukan aksi-aksi lanjutan. Tak sedikit pula yang tertarik untuk bergabung sebagai tim setelah tahu manfaat yang dibagikan.

Makanya kalau nanti teman-teman kongkow sudah bergabung di sebuah aksi kebaikan dan merasakan manfaatnya, jangan diam saja. Bagikan cerita tersebut dan ajak lebih banyak orang untuk bergabung, sehingga manfaatnya bisa dirasakan lebih banyak lagi.

4. Lanjutkan

Jangan berhenti setelah satu aksi. Jangan cepat puas setelah mampu melihat satu senyuman. Aksi kecil yang berkelanjutan jauh lebih bermakna dan bermanfaat daripada aksi besar yang dilakukan sesekali.

Maka, jika sudah menemukan sebuah gerakan sosial yang klik di hati. Terus lanjutkan agar manfaatnya tidak berhenti di satu dua orang saja.

Buat kalian yang punya keprihatinan dan kepedulian terkait edukasi dan pemenuhan nutrisi anak, tapi bingung harus melakukan aksi apa, cuzz deh gabung dengan gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan.

Ayo Tunjuk Tangan, Cara Kita Terlibat dalam Gerakan Sosial

Astrid Prasetyo, Marketing Manager SGM Eksplor, menyampaikan bahwa selama lebih dari 65 tahun, SGM Eksplor percaya bahwa semua anak berhak untuk maju.
Astrid Prasetyo SGM Eksplor tentang #AyoTunjukTangan
Namun sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, untuk mencapai titik tersebut, ada banyak sekali tantangan yang dihadapi oleh bangsa ini. Oleh karenanya SGM Eksplor terus berupaya untuk menghadirkan berbagai inisiatif dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung intervensi yang tepat dalam mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia.
Gerakan sosial #AyoTunjukTangan merupakan salah satu komitmen dan upaya SGM Eksplor berkolaborasi dengan banyak partner yang memiliki tujuan sama untuk bersama-sama tunjuk tangan, berinisiatif untuk mendukung kemajuan anak Indonesia. (Astrid Prasetyo)
Pada tahun 2021 ini, melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan, SGM Eksplor tidak hanya berkolaborasi dengan masyarakat, melainkan juga berkolaborasi dengan pemerintah melalui Kemendikbudristek dan pelaku industri lainnya yang memiliki komitmen sama untuk mewujudkan kemajuan anak Indonesia, diantaranya dengan Telkomsel dan CAKAP.

Andry P Santoso selaku General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel menyampaikan bahwa visi misi dari Ayo Tunjuk Tangan selaras dengan visi misi Telkomsel yang ingin turut serta mendukung merdeka belajar.
Andry P Santoso Telkomsel tentang kolaborasi
Salah satu hal yang dilakukan Telkomsel adalah dengan menyediakan paket kuota belajar dengan harga ringan dan terjangkau. Diharapkan dengan kehadiran paket tersebut, merdeka belajar jarak jauh bisa tetap terpenuhi.
Kami sangat senang dapat ikut terlibat dan berkontribusi dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan guna mendukung akses pendidikan bagi anak Indonesia dengan menjalankan peran kami sebagai connectivity enabler melalui penyediaan akses konektivitas yang sangat krusial untuk memastikan terselenggaranya pembelajaran daring dengan baik. (Andry P Santoso)
Melalui Ayo Tunjuk Tangan, Telkomsel juga telah memberikan donasi beasiswa kepada 1500 pelajar dalam bentuk kuota gratis. Tak hanya itu Telkomsel bekerjasama dengan SGM Eksplor juga memberikan fasilitas jaringan internet dan gawai kepada sekolah yang membutuhkan.
Siti Mesyyana CAKAP tentang kolaborasi digital
Sementara itu Siti Messyana Putri yang merupakan Senior Business Development Manager CAKAP juga mengamini pernyataan dari Andry P Santoso. Visi misi yang sejalan adalah salah satu alasan mengapa CAKAP mau berkolaborasi dalam gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan.

Sebagaimana visi CAKAP sejak 2015 yang ingin ikut serta dalam mengangkat kualitas pendidikan di Indonesia, dengan kolaborasi ini diharapkan bisa mengoptimalkan sistem belajar di rumah agar lebih maksimal dan bisa mendukung prestasi anak-anak Indonesia.
CAKAP telah memberi program belajar Bahasa Inggris gratis selama 1 tahun kepada ribuan siswa-siswi di Indonesia. Pengetahuan Bahasa Inggris sendiri menjadi salah satu pembelajaran penting bagi masyarakat sejak usia dini. Untuk itu, melalui inisiatif ini kami berharap lebih banyak anak Indonesia bisa belajar Bahasa Inggris secara mudah hingga memiliki potensi menjadi SDM yang dapat bersaing secara global ke depannya. (Siti Messyana Putri)
Nah, kalau Telkomsel dan CAKAP telah memberikan bentuk dukungannya, bagaimana dong caranya kita untuk ikut serta dalam gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan?
cara bergabung ayo tunjuk tangan
Gampang banget kok, pals. Bahkan kita bisa melakukan dukungan tersebut hanya dari rumah. Gini nih caranya:
  • Kunjungi website Generasi Maju
  • Pilih jenis donasi yang ingin kalian berikan. Mau berupa bantuan nutrisi, beasiswa online, atau rehabilitasi sekolah? Pilih satu boleh, dukung tiga-tiganya lebih mantap lagi.
  • Isikan data diri yang diminta.
  • Jika donasi telah berhasil, akan ada informasi yang dikirim via WhatsApp.
  • Jangan lupa untuk bagikan di media sosial agar kita bisa mengajak lebih banyak orang untuk ikut gerakan #AyoTunjukTangan.
Kapan lagi nih, tanpa perlu keluar keringat, kita tetap bisa melakukan kontribusi yang manfaatnya akan dirasakan oleh banyak anak Indonesia. Nggak butuh waktu lama lagi, paling cuma lima menit, tapi insya Allah manfaat yang dirasakan bakalan panjaaaang.

Awalnya Ayo Tunjuk Tangan akan digelar sampai November 2021, tetapi melihat kebermanfaatan yang telah berhasil diwujudkan. Insya Allah gerakan sosial ini akan terus berlanjut. Duh, senengnyaa….
yuk gabung #AyoTunjukTangan
Aku akan menutup tulisan ini dengan mengingatkan kembali sebuah pepatah lama yang masih sangat bermakna.
It takes a village to raise a kid.
Ya, kita butuh orang sekampung untuk bisa membesarkan satu orang anak dengan baik. Lalu bagaimana cara kita membesarkan generasi maju bangsa ini?

Tentu saja nggak bisa jika hanya mengandalkan kekuatan sendiri. Kita perlu berjamaah agar aksi lebih berdampak dan manfaat lebih dirasakan banyak orang. Salah satunya dengan berkolaborasi lewat gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan. Jadi, mana suara kalian untuk #AyoTunjukTangan? Aku tunggu ya!***
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

18 comments

  1. Gerakan Ayo Tunjuk Tangan konsisten ya dengan program-programnya yang mengedepankan kepentingan anak-anak bangsa. Salut buat SGM nih..

    ReplyDelete
  2. Waah, aku baru tahu ada Gerakan Ayo Tunjuk Tangan ini. Keren ini tujuannya, Mbak. Panjang umur perjuangan gerakan sosial!

    ReplyDelete
  3. Wah programnya keren banget ya kk. Semoga dg program ini bisa turut memajukan ank bangsa

    ReplyDelete
  4. Ternyata ini toh arti dibalik gerakan ayo tunjuk tangan..
    Keren² ihh programnya SGM..
    Semangaat, demi anak bangsa

    ReplyDelete
  5. Terbukti, SGM benar-benar berkomitmen penuh untuk kemajuan anak bangsa. Semoga SGM terus ada sampai generasi berikutnya

    ReplyDelete
  6. Memberi bekal sejak dini untuk membentuk anak bangsa yang berbangsa & patriotik memang perlu, sukses SGM! Sukses Marita!

    ReplyDelete
  7. SGM dari generasi ke genearasi legend banget yaaah mbak, dan ternyata program tunjuk tangan ternyata programnya juga banyak dan banyak manfaat, baca artikel ini jadi semakin banyak info yang aku dapetin nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang viral sih nih produk ya, hehehe ternyata tak hanya kerenproduknya tapi program2nya yangkonsen dengan dunia pendidikan suka aku

      Delete
  8. Semoga makin banyak anak bangsa yang terbantu dengan program dari SGM.

    ReplyDelete
  9. saya ikut tunjuk tangan dong mbaa, sebagai konsumen tetap SGM tentu bangga dengan program SGM mengenai kemerdekaan pendidikan ini. semoga kedepannya terus berjalan ya

    ReplyDelete
  10. Hikmah dibalik pandemi ini adalah meningkatnya kesadaran untuk peduli dengan lingkungan dan sesama.
    Wah SGM ini iklannya aja udah menginterpretasikan gerakannya. Keren, bisa saling dukung ya...sinergisitas memang jadi cara untuk berkembang bersama.

    Apalagi untuk generasinselanjutnya.

    ReplyDelete
  11. Wah keren SGM gak hanya memenuhi nutrisi anak tetapi mengeksplorasi tumbuh kembangnya juga.

    ReplyDelete
  12. Bener banget mbaa. Ada banyak hal yang memengaruhi tumbuh kembang anak. Ngga cuma dari keluarga. Ada dri sekolah, tempat main, ya kann.. Makanya ga bisa sendirian.. Keren program SGM ini

    ReplyDelete
  13. Bagus sekali ya gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan ini..tidak hanya ajakan kd masyarakat namun jugs menggandeng banyak stakeholder. Semoga sukses..

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah ya di masa pandemi ini justru menumbuhkan gerakan2 peduli sesama termasuk dr SGM. Semoga bisa berkelanjutan dan banyak yg dapet manfaatnya. Amin..

    ReplyDelete
  15. Iya sebagai blogger dan ibu, kita harus menunjukkan empati dan peduli bagi sesama, menjadi contoh untuk anak dan lingkungan kita, program SGM bagus banget nih untuk meningkatkan kepedulian kita

    ReplyDelete
  16. Gerakan #AyoTunjukTangan ini warbiasa ya, program sosialnya membuat semangat anak-anak yang terkendala biaya sekolah dan gadget.
    Sepakat bahwa, kolaborasi ini bisa sukses jika masyarakat sudah terbentuk kesadarannya akan sebuah isu. Hayuk kita sukseskan program bersama ini, siap tunjuk tangan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, yuk dukung program nya ini, biar makin byk anak Indonesia yg mendapat manfaatnya

      Delete

Post a Comment