header marita’s palace

8 Cara Mengatasi Kulit Sensitif, Ekstrak Mengkudu Jadi Solusi!

5 comments
Konten [Tampil]
cara mengatasi kulit sensitif di badan
Cara mengatasi kulit sensitif cenderung kering sedang menjadi perhatianku beberapa bulan belakangan ini. Hal tersebut disebabkan aku baru menyadari di bagian mata kakiku ada kulit kering yang menahun.
Sepertinya sih efek karena kulit mati yang terus menumpuk dan tidak terjadi peremajaan kulit yang optimal. Sebenarnya sih nggak mengganggu pandangan ya, wong letaknya tertutup di bagian kaki. Sementara ke mana-mana aku juga mengusahakan untuk berkaus kaki.

Namun tetap saja rasanya risi ya. Kuakui sih hal ini dikarenakan aku yang suka malas mengoleskan body lotion.

Sayangnya kalau udah kadung kering begini, nggak bisa cepet pulihnya. Udah coba berbagai body lotion, tuh kulit kering yang menebal tetap nggak bergeming. Jadi sedih, huhu.

Terus gimana ya cara mengatasi kulit sensitif nan kering ini?

Pengertian Kulit Sensitif

Sebelum aku kasih tahu cara menaklukkan si kulit sensitif, cari tahu dulu yuk sebenarnya yang dimaksud sama kulit sensitif itu apan sih.

Kulit sensitif adalah kondisi kulit yang mudah mengalami iritasi. Faktor yang menyebabkan kulit jadi sensitif tuh ada banyak, antara lain karena pengaruh obat, udara yang kering, parfum dan bisa jadi ada hubungannya dengan bahan kimia yang terdapat pada produk kecantikan tertentu.

Lebih lanjut aku jabarkan di bawah ini ya.

Faktor Pemicu dan Ciri-ciri Kulit Sensitif

Mungkin teman-teman kongkow ada yang pernah mengalami ya, dulunya kulit baik-baik saja. Namun tiba-tiba sekarang jadi lebih kering, gampang kemerahan, kenapa sih sebenarnya.

Jangan bingung dulu, karena memang kondisi itu bisa banget terjadi. Aku pun dulunya nggak punya masalah kulit kering yang menebal di bagian mata kaki, baru beberapa bulan ini aja.

Padahal keknya ya nggak ada perubahan khusus yang terjadi pada diriku, tapi setelah aku cari tahu ada banyak faktor yang memicu hal tersebut. Ini dia faktor-faktor yang bisa menyebabkan kulit menjadi sensitif:
  • Polusi udara, buat kalian yang sering beraktivitas ke luar rumah, berhati-hatilah dengan debu dan asap kendaraan.
  • Paparan sinar matahari.
  • Suhu udara yang terlalu dingin atau panas.
  • Terlalu sering berganti-ganti produk kosmetik atau skincare.
  • Terjadinya perubahan hormone, khususnya saat akan menstruasi dan menopause.
  • Pengaruh dari obat-obatan tertentu yang punya efek samping.
  • Terjadinya kecemasan dan stress berlebih.
  • Gangguan kulit, misalnya eksim, rosacea dan dermatitis kontak.
  • Faktor genetik.
Nah, di antara faktor-faktor di atas mana nih yang paling cocok untuk kondisimu, pals?
ciri-ciri kulit sensitif


Ciri-ciri Kulit Sensitif

Setelah mengetahui faktor pemicu kulit sensitif, kalian juga perlu tahu apa saja ciri-ciri kulit sensitif. Ternyata nih adanya ruam atau bercak merah, rasa cekit-cekit pada kulit, terasa perih ataupun terbakar, gatal, kering dan bahkan mengelupas adalah beberapa pertanda dari keberadaan kulit sensitif.

Apakah tanda-tanda itu ditemukan pada kulitmu, pals? Kalau aku lebih ke ciri yang terakhir, kering dan mengelupas.

Oya, jangan sampai salah membedakan antara kulit sensitif dan alergi ya, pals. Meski ciri-cirinya hampir mirip, tapi ada perbedaan yang mendasar.

Kulit yang alergi biasanya terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang memberikan reaksi berlebihan ketika tubuh terpapar alergen. Entah itu berupa makanan, obat-obatan, debu atau bahan kimia tertentu.

Alergi tidak langsung muncul, tetapi butuh waktu kurang lebih 12-48 jam untuk menunjukkan tanda-tanda terjadinya gejala.

Sedangkan kulit sensitif akan muncul ciri-cirinya secara langsung ketika zat tertentu di dalam sebuah produk terlalu keras untuk kulit. Misal biasanya kita pakai serum yang mengandung 2% vitamin C. Suatu hari kita ganti produk ke sebuah serum yang kandungan vitamin C nya jauh lebih tinggi, efeknya wajah jadi perih, panas dan kemerahan.

Selain sensitif, nampaknya kulitku ini memang relatif super kering. Dari hasil baca sana-sini, hal ini disebabkan karena produksi minyak di dalam kulitku yang sangat kurang.

Selain produksi minyak yang tidak banyak, kulit kering juga bisa disebabkan karena kurangnya asupan cairan hingga terjadinya dehidrasi, perawatan badan yang menyebabkan kulit kering (biasanya karena penggunaan sabun antiseptik), mandi dengan air bersuhu panas, suhu udara di lingkungan yang terlampau tinggi, dan juga kelembaban daerah yang rendah.

Nah, memang sih PR banget buatku soal minum air. Aku kalau lupa naruh tumblr di meja kerja bisa kelupaan nggak minum seharian. Jangan ditiru ya, pals.

Cara Mengatasi Kulit Sensitif dan Kering ala maritaningtyas.com

Setelah tahu pengertian, faktor pemicu dan ciri-ciri dari kulit sensitif dan kering, yuk sekarang kepoin cara mengatasinya. Udah nggak sabar ya?
cara mengatasi kulit sensitif di badan


1. Hindari Mandi dengan Air Panas

Mandi dengan air bersuhu panas menurut Mayo Clinic memiliki dampak yang kurang baik untuk kelembaban kulit. Air panas bisa menghilangkan minyak alami di dalam tubuh. So, kalau nggak mau kulit jadi sensitif dan kering, jangan sering-sering deh mandi air dengan air panas, pals.

2. Mandi Secukupnya, Jangan Lama-lama

Selain menghindari mandi dengan air panas, sebaiknya teman-teman kongkow juga jangan mandi terlalu lama. Terlalu lama di dalam air akan membuat kulit semakin kering. Para ahli menyarankan agar kita mandi maksimal 10 menit saja.

3. Keringkan Tubuh dengan Tepat

Meski terasa menyegarkan, ternyata membiarkan tubuh tetap basah setelah mandi justru mengakibatkan kulit menjadi kering.

Cara paling tepat untuk mengeringkan badan setelah mandi yaitu, tepuk-tepuk bagian tubuh dengan handuk berbahan lembut. Hindari mengeringkan tubuh dengan cara menggosok terlalu keras. Selain mengakibatkan kering, kulit juga bisa terluka karenanya.

4. Perbaiki Pola Makan

Perbanyaklah makanan yang banyak mengandung antioksidan dan omega-3. Contohnya, bluberry, tomat, wortel, kacang-kacangan, sayuran, salmon, dsb.

Makaman berantioksidan baik untuk membantu tubuh dalam meremajakan kulit dan mengurangsi risiko kerusakan kulit akibat racun. Tak hanya itu makanan-makanan tersebut juga bisa membantu kulit tubuh jadi lebih cerah.

5. Penuhi Asupan Air

Jangan sepelekan asupan air. Menulis ini sejatinya menasehati diri sendiri nih , pals. Meski udah tahu bahwa dalam sehari setidaknya harus minum 2 liter air atau 8 gelas air, aku masih sering belum konsisten melakukannya. Akibatnya tanpa sadar, kulitku pun tak terhidrasi dengan baik, jadi sensitif dan kering deh.

6. Pasang Humidifier atau Pelembab Udara

Jika teman kongkow tinggal di rumah yang kelembaban udaranya kurang, kalian bisa coba meletakkan humidifier di rumah. Kelembaban udara yang pas bisa mengurang kulit kering dan mencegah terjadinya ruam-ruam gatal.

7. Hindari Alergen dan Iritan

Waspadai hal-hal apa saja yang menjadi pemicu timbulnya kulit kering dan sensitif pada tubuh kalian. Jika sudah tahu apa pemicunya, hindari hal-hal tersebut agar kulit sensitif dan kering bisa segra teratasi.

8. Memilih Skincare untuk Kulit Sensitif

Selain merawat dari dalam dengan asupan makanan dan minuman yang tepat, jangan lupa berikan perawatan tubuh yang terbaik.

Nah, ngomongin skincare untuk kulit sensitif, #NPURE baru saja meluncurkan seri terbarunya, yaitu Noni Probiotics series.
ekstrak mengkudu noni skincare series N'PURE
Sebagaimana produk N’PURE lainnya, Noni series ini juga terbuat dari bahan alami. Fyi, Noni adalah panggilan untuk buah mengkudu, buah yang nggak asing lagi buat orang-orang Indonesia.

Meski terkenal pahit, mengkudu punya banyak manfaat. Salah satunya kaya akan antioksidan. Tidak hanya sehat untuk tubuh, mengkudu juga ternyata bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Dengan bahan utama Natural Noni dan 9 jenis Probiotik Complex, Noni series punya manfaat kece, antara lain untuk menutrisi dan menyeimbangkan mikrobioma kulit. 

Aku pun jadi tahu kalau bakteri baik nggak hanya buat pencernaan, tapi juga #BakteriBaikUntukKulitmu. Karena probiotik sebagai salah satu bahan utama dari Noni Series, rangkaian produk N'PURE ini juga disebut sebagai #ProbioticSkincare.

Sementara itu Ekstrak Chamomile, Bisabolol, Betaine, Ceramide NP, dan Allantoin berfungsi untuk melembabkan, menghidrasi, dan memberikan efek menenangkan bagi kulit kering bahkan kulit yang teriritasi.

Noni series ini sudah teruji hypoallergenic dan dermatologically tested. Saking naturalnya, seri baru dari N’PURE Ini bisa dipakai dari remaja muda mulai usia 11 tahun. Cocok nih buat emak-emak yang punya ABG, bisa beli satu buat berdua, hehe.

Seperti yang pernah kuceritakan sebelumnya, seri ini terdiri dari lima produk. Namun aku baru mencoba dua produknya, yaitu N’PURE Noni Probiotics Cleanse Me Softly Gel Cleanser dan N’PURE Noni Probiotics Hydrate Me Body Soft Lotion.

N’PURE Noni Probiotics Hydrate Me Body Soft Lotion Menghidrasi Kulit Sensitif dan Kering

Memiliki ijin edar dengan nomor BPOM NA 18210108077, losion untuk badan ini dikemas dalam botol berukuran 80 ml.

Produk ini merupakan body lotion yang ideal untuk kulit sensitif. Formulanya ringan dan cepat menyerap. Dengan kandungan utama Natural Noni di dalamnya, body lotion ini memberikan kenyamanan dan mampu menghidrasi kulit sepanjang hari.

Sama dengan rangkaian produk dari Noni Series lainnya, Hydrate Me Body Soft Lotion by N’PURE juga Diperkaya dengan Probiotics 9 Complex untuk menyeimbangkan microbiome yang ada di kulit.

Bahan lain yang ada di dalamnya, yaitu ekstrak Chamomile, Bisabolol, Betaine, Allantoin, Ceramide NP, Macadamia Integrifolia Seed Oil, dan Derma-Clera™ / Cynanchum Atratum Extract berfungsi untuk merawat kulit sensitif dengan memberikan efek soothing yang dapat menenangkan kulit dan membantu memberikan efek regenerasi kulit yang sangat baik. Kulit akan terasa halus, terhidrasi, dan lembap.

Selain bisa digunakan mulai dari ABG berusia 11 tahun, produk ini juga bisa dipakai oleh para bumil dan busui. Hal ini dikarenakan produk ini terbuat dari bahan alami, bebas alkohol, bebas SLS, bebas paraben, bebas silicon dan bebas pewangi tambahan.
n'pure noni probiotics hydrate me body soft lotion

Star Ingredients Extra pada N’PURE Hydrate Me Body Soft Lotion

Jika membaca komposisi yang ada di belakang kemasan kardusnya, kita bisa tahu berikut ini ingredients yang ada di dalam N’PURE Hydrate ME Body Soft Lotion dari Noni Series:
Water, Morinda Citrifolia Fruit Extract, Betaine, Butylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Pentylene Glycol, Dicaprylyl Carbonate, Glycerin, Bisabolol, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/VP Copolymer, Carbomer, Caprylyl Glycol, Tromethamine, Macadamia Integrifolia Seed Oil, Allantoin, Polyacrylate-13, Anthemis Nobilis Flower Extract, Ethylhexylglycerin, Ceramide NP, Phytosphingosine, Polyisobutene, Cynanchum Atratum Extract, Sodium Phytate, Polysorbate 20, Sorbitan Isostearate, Leuconostoc/Radish Root Ferment Filtrate, Lactobacillus/Soybean Ferment Extract, Lactobacillus Ferment, Lactobacillus/Acerola Cherry Ferment, Lactococcus Ferment, Bifida Ferment Filtrate, Lactococcus Ferment Lysate, Lactobacillus/Punica Granatum Fruit Ferment Extract, Lactobacillus Ferment Lysate, Tocopherol.
Namun teman kongkow juga perlu tahu bahwa sebenarnya ada 9 star ingredients yang dikandung oleh N’PURE Noni Probiotics Hydrate Me Body Soft Lotion.

Sebagaimana Cleanse Me Softly Gentle Cleanser, losion tubuh ini juga mengandung ekstrak mengkudu sebagai bahan utama, 9 jenis probiotik, ekstrak Chamomile, Bisabolol, Betaine, Allantoin, dan Ceramide NP.

Tak ketinggalan, masih ada dua star ingredients yang tak ditemukan pada Noni Gel Cleanser, yaitu:

1. Derma-Clera™ / Cynanchum Atratum Extract

Cynanchum Atratum Extract merupakan ekstrak tumbuhan dari pengobatan Korea untuk yang memiliki fungsi untuk menguatkan fungsi skin barrier, menghambat reaksi inflamasi, memberikan efek soothing pada kulit, mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit, dan memberikan efek regenerasi kulit yang tinggi.

Tumbuhan ini telah terbukti sangat bagus untuk treatment kulit dermatitis atopik dan psoriasis.

Uji klinis Cynanchum Atratum Extract dilakukan selama 4 minggu pada 10 responden yang memiliki masalah kulit psoriasis. Hasil uji tersebut memperlihatkan perubahan kulit yang sangat signifikan.

Hal tersebut berarti Cynanchum Atratum Extract telah terbukti kalau ekstrak tanaman satu ini memiliki efikasi yang sangat baik dalam mengatasi kulit teriritasi.

2. Macadamia Integrifolia Seed Oil

Macadamia Integrifolia Seed Oil merupakan minyak yang didapat dari Ekstrak Kacang Macadamia. Minyak ini memiliki sifat melembabkan yang sangat baik karena mengandung Palmitoleic Fatty Acid, yaitu salah satu senyawa yang penting untuk kesehatan dan kelembapan kulit.

Macadamia Integrifolia Seed Oil mudah diserap oleh kulit dan berfungsi sebagai emollient yang dapat melembutkan kulit dan ideal untuk jenis kulit kering.

Mantap kan kandungan dari N’PURE Body Lotion Noni Series ini? Pantesan sekali oles langsung bikin klepek-klepek. Ada yang sudah nyobain?

Packaging dan Tekstur N’PURE Noni Probiotics Hydrate Me Body Soft Lotion

N’PURE Noni Probiotics Hydrate Me Body Soft Lotion ini dikemas secara eksklusif di dalam sebuah kardus berbentuk persegi panjang.

Secara garis besar sih hampir mirip dengan kemasannya si gel cleanser. Hanya lebih kecil dikit. Tampilan depan, belakang, samping kiri dan kanan nggak jauh berbeda.
packaging npure noni probiotics series hydrate me body soft lotion
Tentu saja hanya berbeda di bagian tulisan nama produk dan komposisinya. Selebihnya semuanya mirip.

Soal warna tentu saja juga sama dong, kan memang seri Noni N’PURE ini menggunakan abu-abu muda sebagai warna kebangsaan.

Kardusnya bagus, ada tekstur 3D nya di bagian samping kiri dan kanan. Cukup tebal hingga nggak mudah mleyot-mleyot.

Berbeda dengan gel cleanser yang dikemas dalam kemasan tube dan tutup berkonsep flip, N’PURE body lotion Noni series ini menggunakan botol berbahan plastic berkualitas bagus dengan model pump.

Beberapa kali punya body lotion yang konsepnya mirip dengan produk ini, kuakui Noni Body Soft Lotion terbaeeek! Pumpnya gampang digunakan, metode pengunciannya juga nggak ribet.

Untuk membuka kunci tinggal geser kepala pump ke kanan, otomatis pump akan bisa digunakan dan lotion akan keluar saat ditekan. Untuk menekannya juga nggak perlu pakai tenaga kuda, cukup dengan tekanan berkekuatan biasa sudah bisa bikin lotionnya keluar.

Sementara untuk mengunci, tinggal geser kepala pump ke kiri. Udah deh, lotion akan aman nggak bakal keluar dan tumpah-tumpah.
tekstur npure noni probiotics series body soft lotion
Tekstur dari losion N’PURE ini nggak begitu pekat, warnanya putih, dan agak cair. Aku seneng sih model losion begini, karena nggak lengket waktu digunakan.

Selain itu, teksturnya juga adem. Saat dioleskan ke bagian tubuh, langsung terlihat perbedaan kelembabannya antara yang udah dipakaikan losion vs yang belum pakai losion.

Losion ini juga cepat meresap, jadi makainya bisa lebih hemat waktu. Cocok buatku yang suka sat-set-sat-set.

Karena nggak mengandung fragrance, jadi ya jangan membaui losion ini ya, pals. Namun menurutku produk ini lebih enak bau alaminya dibanding sama gentle cleansernya.

Hasil pemakaian selama kurang lebih dua minggu, ISTIMEWA!

Seperti yang kusampaikan di atas, kalau aku ada masalah dengan kulit kering di bagian mata kaki. Setelah rutin kupakaikan N’PURE Noni Probiotics Hydrate Me Body Soft Lotion, alhamdulillah kulit yang tadinya kering, menebal dan menghitam, pelan-pelan berkurang.
before after pemakaian body soft lotion NPURE Noni series
Meski belum benar-benar membaik, karena jaringan kulit matinya banyak banget, tapi udah lebih enak dilihat daripada sebelumnya.

Selain masalah di mata kaki, masalah klasik lain yang sering kualami adalah kering di ujung siku tangan. Alhamdulillah sejak pakai Hydrate Me Body Soft Lotion, siku tanganku juga jadi lembab dan terhidrasi dengan baik.

Pokoknya love bangeet sama produk ini. N’PURE Noni Probiotics Series Hydrate Me Body Soft Lotion jelas jadi produk favorit kedua setelah face wash dari seri Centella Asiatica Series.

Thank you N’PURE sudah bikin produk seapik ini! #MyPureSkinStory jadi makin lengkap dan luar biasa.

Cara Pemakaian dan Penyimpanan

Menggunakan body lotion ini tak berbeda jauh dengan penggunaan lotion pada umumnya. Yaitu dengan cara mengaplikasikan cairan lotion ini ke seluruh tubuh pada kulit yang sudah bersih.

Tidak seperti mandi yang disarankan dilakukan jangan terlalu sering dan lama, kita bisa lo menggunakan body lotion ini sesering yang diperlukan.

Sambil dioleskan ke bagian tubuh, jangan lupa sambil dipijat lembut pada kulit sampai meresap. Nggak perlu waktu lama, tubuh yang sudah diolesi Hydrate Me Body Soft Lotion ini akan terasa lembut dan lembab.

Nggak percaya? Buktikan saja sendiri!

Terkait penyimpanan produk, juga tak ada yang istimewa. Agar awet, sebaiknya N’PURE Noni Series Body Lotion ini diletakkan di tempat yang kering dan tidak langsung terpapar sinar matahari.

Harga dan Cara Pembelian

Produk ini dibandrol dengan harga Rp99.000. Mahal? Menurutku sih nggak. Berhubung sudah nyoba sendiri dan hasilnya memuaskan, aku sih bakal repurchase sih.
harga npure body soft lotion noni series
Buat kalian yang juga pengen nyobain produk body lotion terbaru dari N’PURE ini, cuzz langsung saja ke website official N’PURE lalu masukkan ke keranjang, bayar sesuai tagihan yang tertera dan tunggu saja produk dikirm ke rumah ya.

Pengen jajan offline atau cari penjual yang deket sama tempat tinggal? Cuzz tengok aja di mana lokasi reseller N’PURE terdekat. Infonya? Cari aja di websitenya ya.

Semoga informasi terkait N’PURE Noni Probiotics Hydrate Me Body Soft Lotion di atas bisa menjawab pertanyaan teman kongkow terkait cara mengatasi kulit sensitif ya. Aku sudah buktikan sendiri manfaat dari ekstrak mengkudu untuk kulit sensitif, kini giliran kamu!***
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

5 comments

  1. Hemm, kulit sensitif memang harus intens kalau masalah ini, harus hati-hati dengan skincare juga.

    ReplyDelete
  2. Wah, ada produk baru dari N'pure yang hemm manfaatnya bagus banget untuk kulit sensitif.

    ReplyDelete
  3. Harus ekstra memang merawat kulit yang sensitif apalagi dalam menggunakan skincare dan lainnya.

    ReplyDelete
  4. Wih bagus ini kayaknya apalagi ada ekstrak mengkudu yang bermanfaat banget untuk merawat kulit sensitif.

    ReplyDelete
  5. Bagus, nih, N'pure untuk kulit apalagi packagingnya praktis, suka sama warna kemasannya juga.

    ReplyDelete

Post a Comment