header marita’s palace

Rekening Koran: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mencetaknya

pengertian rekening koran
Sebagai nasabah dari sebuah bank, pasti kamu pernah mendengar istilah rekening koran. Tetapi kamu sudah tahu belum, apa sih rekening koran itu, dan bagaimana cara mencetaknya?

Jika hanya dilihat dari bentuknya, rekening koran memanglah hanya selembar kertas. Tapi jangan salah, rekening koran ini punya banyak sekali kegunaan, bahkan bisa untuk pembuktian hukum, lho.

Pengertian Rekening Koran

Rekening koran adalah dokumen yang diterbitkan oleh bank dan berisi aktivitas finansial nasabahnya. Misalnya data uang masuk, uang keluar, dan lain-lain.

Rekening koran ini bisa kamu dapatkan dengan mengajukannya ke bank. Nantinya, petugas bank akan membantumu untuk mendapatkan rekening koran.

Sebelum ada aplikasi online seperti mobile banking atau internet banking, rekening koran adalah andalan nasabah untuk mendapatkan data keuangannya. Tetapi nasabah perlu menunggu beberapa waktu sebelum rekening koran terbit, sebab penerbitan rekening koran membutuhkan persetujuan dari pejabat bank terlebih dahulu.

Fungsi Rekening Koran

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, rekening koran memiliki fungsi yang penting. Apa saja fungsinya? Simak ulasan berikut ini ya!

1. Sumber Informasi Transaksi

Fungsi utama dari rekening koran adalah untuk memberikan beragam informasi kepada nasabah. Misalnya info soal mutasi kredit, mutasi debet, biaya administrasi, bunga,saldo awal bulan ataupun saldo akhir bulan.

Semua aktivitas yang dilakukan nasabah akan terekam bahkan sampai jam transaksi dilakukan. Nantinya, data-data ini akan dicetak di dalam rekening koran.

Seluruh aktivitas transaksi pun dimuat lengkap dengan tanggal dan jam transaksi termasuk keterangan yang biasanya dicantumkan nasabah saat akan melakukan transfer dana antar rekening.

2. Syarat Pengajuan Kredit

Adakah di antara kamu yang pernah mencoba mengajukan kredit seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) maupun Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Kalau ya, pasti kamu diminta menunjukkan bukti transaksi kan sebelum mengajukan pinjaman?

Nah bukti transaksi ini bisa kamu peroleh melalui rekening koran. Selain itu, buat kamu yang mau mengajukan kredit usaha, kalau mau sukses jangan lupakan print rekening ya.

3. Keperluan Audit

Rekening koran juga punya peran penting untuk kepentingan perusahaan. Salah satunya untuk audit keuangan, menelusuri transaksi pemasukan atau pengeluaran yang mencurigakan.

Dengan rekening koran, maka terdapat bukti yang sangat kuat bahwa sebuah transaksi benar-benar terjadi sesuai dengan nominal yang tertera.

4. Pembuktian Hukum

Fungsi rekening koran selanjutnya adalah pembuktian hukum. Rekening koran menjadi bukti sah dan valid bahwa sebuah transaksi benar-benar terjadi dengan nominal tertentu.

Misalnya, kita berbelanja dan penjual menyebut tidak menerima uang tersebut. Padahal, kita telah melakukan transfer untuk membeli barang itu.

Dalam kondisi seperti ini, kamu bisa mengajukan pencetakan rekening koran untuk membuktikan bahwa kamu benar-benar telah mentransfer sejumlah uang dan statusnya berhasil.

5. Syarat Pembuatan Visa

Saat akan membuat visa, kita pasti dimintai beragam berkas termasuk bukti keuangan. Dokumen lain yang biasanya diminta dilampirkan adalah Surat Pajak Bumi dan Bangunan, slip gaji atau bukti tunjangan pensiun dan print out aktivitas transaksi selama tiga bulan terakhir.

Transaksi selama tiga bulan ini bisa kamu dapatkan dengan mencetak rekening koran. Kamu perlu datang ke bank utuk meminta cetakan rekening koran tersebut.

Cara Mencetak Rekening Koran

Nah setelah tau apa itu rekening koran dan fungsinya, sekarang kamu perlu tahu bagaimana cara mencetaknya. Mencetak rekening koran prosedurnya tidak ribet kok.

Tetapi membuat rekening koran memang belum bisa dilakukan secara online. Karena memang data-data yang dibutuhkan biasanya membutuhkan cap dan tanda tangan basah untuk legalisirnya.

Kamu harus datang ke kantor cabang bank terdekat dengan membawa sejumlah dokumen. Dokumen yang diperlukan untuk mencetak rekening koran adalah buku rekening asli, KTP, dan kartu debit.

Kamu juga akan diminta untuk membayar saat mencetak rekening koran. Biayanya variatif, tergantung jangka waktu yang diajukan dan bank tempat kamu mencetak rekening koran.

Misalnya, untuk mencetak rekening koran di bank BCA kamu akan dikenakan biaya Rp2.500 per lembar dengan maksimal cetak hingga Rp150 ribu. Jika Bank Mandiri, maka biayanya Rp2.500 per lembar untuk jangka waktu hingga tiga bulan dan Rp5 ribu dengan jangka waktu 3 hingga 6 bulan.

Itu dia pengertian serta cara mencetak rekening koran. Cukup mudah bukan? Sebelum mencetak rekening koran ini, syarat yang paling utama adalah membawa buku rekening tabungan.

Btw, buat kamu yang ingin miliki rekening tabungan, bisa ajukan dengan mudah dan cepat melalui CekAja.com.

CekAja.com juga sudah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga pelayanan yang diberikan sudah terjamin keamanannya.

Tanpa perlu berlama-lama, yuk segera apply rekening tabungan melalui https://www.cekaja.com/tabungan! Kalau kamu udah punya tabungan, kamu juga bisa cek rekening koran untuk beberapa keperluan di atas. Selamat mencoba, pals.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com