header marita’s palace

Pricebook Editorial Choice 2021, Daftar Gadget Terbaik

40 comments
Konten [Tampil]
pricebook editorial choice 2021
Pricebook Editorial Choice 2021 adalah hal yang dinanti-nanti para pecinta gadget. Kira-kira gadget incaran teman kongkow tahun ini masuk dalam pilihan Pricebook nggak ya?

Ada yang memiliki rasa penasaran seperti ini? Kalau ada, toss dulu dong! Setelah rilis perdana dengan Pricebook Editorial Choice 2020, kini situs pembanding harga gadget terbaik ini kembali hadir dengan daftar gadget terbaik.


Siapakah Pricebook?

Buat yang baru pertama kali dengar nama Pricebook, sini aku bisikin hal penting. Kalau teman kongkow sedang berencana untuk membeli gadget baru, kurang afdol jika tak menengok dulu situs pembanding harga gadget terbaik di Indonesia ini.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gadget disebut dengan gawai. Yaitu sebuah kata benda yang merajuk pada alat atau perkakas, khususnya peranti elektronik atau mekanik dengan fungsi praktis.

Sayangnya selama ini kita masih menganggap gadget alias gawai hanya untuk merujuk pada laptop ataupun smartphone. Padahal kalau mengacu pada arti di KBBI, semua produk elektronik ya disebut gawai.

2021 adalah tahun yang cukup produktif bagiku dan suami untuk berbelanja barang-barang elektronik. Bukan karena lagi banyak uang, tapi memang ada kebutuhan mendesak yang mengharuskan kami berbelanja barang-barang tersebut.

Dari laptop, smartphone, mesin cuci, vacuum cleaner, sampai magic com yang baru-baru ini juga minta dilem biru (lempar beli baru, hehe).

Belanja gawai itu berbeda dengan saat kita belanja produk lainnya. Ya, kecuali kita udah terlalu cinta sama satu brand tertentu. Biasanya tanpa pikir panjang, asal duitnya ada, ya langsung pilih brand favorit tersebut.
pricebook situs pembanding harga di Indonesia
Namun biasanya kalau dari pengalamanku nih, jauh-jauh hari sebelum membeli gawai, aku dan suami bakal mengumpulkan banyak referensi. Menimbang dari segi kualitas, fitur, nama besar brand dan tentu saja harga.

Nggak mungkin dong memaksakan beli produk yang kantong kita nggak sanggup membelinya. Karena kami berusaha banget menghindari kredit atau fasilitas PayLater yang kini banyak ditawarkan beberapa pihak.

Nah, Pricebook selalu menjadi jujugan pertama buatku untuk mengintip harga gadget incaran. Sekaligus membandingkan beberapa brand yang memiliki fitur sejenis.

Bukan hanya harga laptop, smartphone, TV, atau tablet yang dijembreng di situs tersebut, tetapi juga ada banyak harga peralatan rumah tangga, seperti mesin cuci, Air Conditioner (AC), vacuum cleaner, kulkas, blender, coffee maker dan banyak lainnya.

Tidak hanya memberikan fasilitas pembanding harga, Pricebook juga akan memberikan info komplit spesifikasi produk sampai toko mana yang menjual produk tersebut. Dilengkapi pula dengan artikel-artikel bernas terkait rekomendasi gawai sampai cara perawatannya.

Semua ulasan dan info menarik dari Pricebook tak hanya bisa diakses lewat website officialnya, tetapi juga bisa kita kulik lewat media sosial dan tentu saja Channel YouTube Pricebook.

Situasi Perkembangan Gadget pada Tahun 2021

Sebagaimana kita tahu, 2021 masih menjadi tahun yang berat bagi sebagian besar orang. Covid-19 masih juga belum usai. Bahkan pada awal hingga pertengahan tahun, gelombang kedua datang meluluhlantakkan negeri ini.

Angka paparan Covid-19 naik tinggi pada semester pertama tahun ini. Tak sedikit keluarga yang kehilangan anggota inti dan kerabatnya. PPKM berjilid-jilid diterapkan demi menekan laju penularan virus corona.

Hal tersebut jelas berbanding lurus dengan perekonomian negeri yang kian merosot. Banyak toko gulung tikar, hotel-hotel pun tak sedikit yang harus mengurangi jumlah karyawan, serta perusahaan satu dan lainnya merumahkan karyawan sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan.

Miris ya, pals?

Keadaan ini tentu saja juga berpengaruh pada situasi perkembangan gadget di Indonesia, khususnya pada bulan Januari – Oktober 2021.

Dikarenakan efek dari PPKM dan pembatasan transportasi, isu kelangkaan komponen menjadi berita hangat menjelang tutup tahun. Hal ini berpengaruh pada jumlah pengiriman smartphone yang berkurang secara global.

Dari data survei Counterpoint dilaporkan bahwa jumlah pengiriman smartphone secara global menurun sekitar 20 jutaan unit. Pada quartal ketiga 2020, pengiriman smartphone mncapai 365,6 juta. Namun pada quartal ketiga 2021, angka pengiriman smartphone hanya mencapai 342 juta unit.

Bahkan di Indonesia sendiri, angka pengiriman smartphone pada quartal ketiga 2021 turun hingga 6% YoY!
angka pengiriman gadget di Indonesia
Uniknya, beda cerita dengan PC. Jumlah pengiriman PC alias computer desktop secara global malah mengalami peningkatan. Bahkan angkanya cukup tinggi lo, hingga mencapai 9.3% YoY. Sampai akhir quartal ketiga 2021, tercatat ada 84,2 juta unit pengiriman PC.

Sepertinya sih ini berhubungan dengan adanya pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan work from home (WFH) ya?

Meski laptop cukup nyaman digunakan untuk bekerja, PC jauh lebih bandel jika digunakan dalam jangka waktu lama. Karena PJJ dan WFH yang terus berlangsung sepanjang dua tahun terakhir, bisa jadi banyak orang yang berpikir untuk membeli PC demi kelancaran kerja dan sekolah anak-anak.

Bukan hanya PC yang mengalami kenaikan pengiriman, produk wearable juga bertumbuh dengan baik pada tahun 2021. Dari data yang didapatkan IDC, peningkatan pengiriman produk wearable meningkat sampai 138,4 juta unit atau kurang lebih 9,9% YoY.

Angka tersebut meliputi pengiriman earphone dan true wireless stereo (TWS) yang mencapai peningkatan hingga 26,5 %. Sementara peningkatan angka pengiriman smartwatch mencapai angka 4.3%.

Kalau menurut pengamatanku nih, peningkatan pengiriman produk wearable ini sepertinya dipengaruhi perubahan pola hidup masyarakat selama pandemi. Banyak orang yang semakin memperhatikan kesehatan dan memulai jogging, lari pagi, lari sore hingga bersepeda.

Untuk memantau kesehatan dan prestasi workout harian, banyak orang mengandalkan smartwatch. Sementara itu untuk meningkatkan semangat berolahraga, tak sedikit dari masyarakat yang membutuhkan alunan musik sebagai teman workout. That’s why angka pengiriman earphone dan TWS pun mengalami pertumbuhan.

Bersyukur deh meski pandemic ternyata pasar gadget tidak terlalu berpengaruh ya. Justru peningkatan bisa terlihat di beberapa produk.

Hmm, habis gimana lagi ya… karena lebih banyak stay di rumah, mau nggak mau ya bikin rumah jadi senyaman mungkin. Aku pun mengalami hal serupa.

Dari yang awalnya istiqomah nggak punya TV selama bertahun-tahun, gegara pandemi memutuskan membeli smart TV buat teman nonton sehari-hari. Begitu juga kebutuhan laptop dan smartphone yang mau nggak mau harus upgrade karena dipaksa buat kerja lebih keras dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Menurut data Pricebook, banyak gadget baru yang hadir di Indonesia pada rentang Januari – Oktober 2021. Nah, sebagai kado menuju tahun yang baru, Pricebook Editorial Choice 2021 pun dihadirkan sebagai rekomendasi daftar gadget terbaik.

Buat kalian yang mengaku gadget lovers dan pengamat teknologi di Indonesia, harus banget pantengin kategori-kategori yang dirilis lewat Pricebook Editorial Choice ini. Penasaran nggak nih?

Gadget Terpilih Pricebook Editorial Choice 2021

Tak jauh berbeda dengan edisi pertamanya, Pricebook Editorial Choice 2021 juga membagi daftar gadget terbaik menjadi empat kategori, yaitu Best Value Smartphone, Best Value Wearable Device, Best Value Laptop, dan Best Value Brand.
daftar gadget terbaik pricebook editorial choice 2021
Setiap kategori dipecah lagi menjadi beberapa sub kategori, antara lain:
  • Best Value Smartphone memiliki 4 sub kategori, yaitu Best Value Smartphone Harga 1 Jutaan, 2 jutaan, 3 jutaan dan High Performance.
  • Best Value Wearable Device punya 3 sub kategori; Best Value Smartwatch, Best Value Smartband dan Best Value TWS.
  • Best Value Laptop hanya memiliki satu sub kategori, yaitu laptop terbaik dengan harga 6 jutaan.
  • Best Value Brand dibagi ke dalam lima sub kategori; Best Value Smart TV Brand, Best IoT Brand, Best Value ISP Brand, Best Smart Home Brand dan Price to Quality Brand.
Semua kategori gadget terbaik pilihan Pricebook di atas dihitung dari bulan Januari sampai Oktober 2021.

Mengingat kondisi pandemi yang mengakibatkan penurunan daya beli pada masyarakat, Pricebook membuat rekomendasi gadget pilihan ini berdasarkan budget yang merakyat.

Meski harga gadget yang direkomendasikan oleh Pricebook Editorial Choice 2021 cukup terjangkau, bukan berarti kualitasnya menye-menye. Sebagai situs pembanding harga nomor satu di Indonesia, tentu saja Pricebook sudah memilih gawai yang memiliki kualitas dan fitur terbaik.

So, sudah penasaran dengan nama-nama produk elektronik terbaik pilihan Pricebook? Cekidot, pals!

1. Best Value Smartphone

Pricebook menimbang beberapa brand HP terbaik yang memiliki harga terjangkau dengan kualitas unggul. Keunggulan ini dilihat dari sisi desain, ketahanan dan tentu saja produk yang paling banyak dicari.

Berikut ini ponsel pintar terbaik yang rilis dari Januari – Oktober 2021 pilihan Pricebook:

A. Best Value Smartphone Harga 1 jutaan

HP terbaik dengan rentang harga 1 jutaan jatuh kepada POCO M3. Nggak heran sih kalau hp satu ini dipilih sama situs pembanding harga nomor satu di Indonesia.
best value smartphone 1jutaan pricebook 2021
Selain pilihan warnanya yang fresh cocok buat anak-anak muda, POCO M3 dengan harga 1 jutaan sudah dibekali prosesor Snapdragon 662.

Apalagi ditambah dengan RAM berukuran 4 GB dan ROM mulai dari 64 GB, udah turah-turah lah ya kalau buat nemenin anak-anak sekolah dari rumah.

Resolusi layar Full HD+ dengan perlindungan Gorilla Glass juga menambah sisi unggul dari smartphone entry level ini. Baterai besar 6000 mAh-nya juga sempat bikin aku ngiler dan sempat mempertimbangkan untuk membeli hp ini beberapa bulan lalu.

B. Best Value Smartphone Harga 2 jutaan

Jika hp 1 jutaan terbaik ala Pricebook jatuh pada POCO M3, lalu siapa ya yang berhak memakai mahkota Best Value Smartphone harga 2 jutaan?

Ulala, ternyata Infinix Note 10 Pro NFC juaranya! Mau tahu kenapa situs pembanding harga yang satu ini menjatuhkan pilihannya pada salah satu produk anyar dari Infinix?
best value smartphone 2 jutaan pricebook 2021
Pertama, ukuran layarnya luas. 6, 95 inci bo! Puas banget lah ya buat nonton drakor berjilid-jilid. Mana bening lagi karena sudah dilengkapi dengan resolusi Full HD+.

Kedua, refresh ratenya mencapai 90Hz. Artinya no ngelag-ngelag saat lagi streaming film favorit atau bermain game online.

Ketiga, kameranya mantap! Punya empat lensa di bagian belakang yang terdiri dari 1 kamera utama dengan resolusi 64 MP, 1 kamera ultrawide resolusi 8 MP, 1 kamera depth dengan resolusi 2 MP dan 1 kamera mono 2 MP.

Ketiga, dapur pacunya mengandalkan chipset Mediatek G95 dipadukan dengan RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Mau unduh aplikasi apa saja, mau dipakai buat aktivitas online apa saja, hajaaar!

Kempat, memiliki kapasitas baterai 5000 mAh, standar zaman now lah ya. Biar nggak perlu ngisi-ngisi baterai berkali-kali. Kalaupun pas baterainya habis, pengisian dayanya cukup cepat dengan besaran 33W.

At last but not least, dengan harga dua jutaan saja, smartphone besutan Infinix ini sudah punya fitur NFC. Jarang-jarang lo brand lain di harga yang sama punya NFC.

Memang apa kerennya NFC?

Lo, di zaman now fitur ini jelas penting. Kita jadi bisa ngecek dan melakukan pengisian saldo e-money dengan lebih mudah. Hayo, hp kalian sudah ada fitur ini belum, pals?

C. Best Value Smartphone - Harga 3 jutaan

Beralih dari angka 2 jutaan, sekarang saatnya kita intip smartphone terbaik pada harga 3 jutaan pilihan Pricebook. Ada yang bisa menebak siapakah juaranya?

Ternyata saudara kandung dari hp terbaik 1 jutaan di atas, pals. Iyes, POCO X3 Pro menyabet piala kejuaraan pada sub kategori ini.
best value smartphone 3 jutaan pricebook 2021
Dengan kisaran harga 3 jutaan, POCO X3 Pro sudah memiliki keunggulan sebagai berikut:
  • Layar lebar berukuran 6.67 inci dengan resolusi IPS.
  • Refresh rate hingga 120 Hz, didukung HDR 10. Ini mah mantul banget buat menikmati ketampanan oppa-oppa Korea atau main game online.
  • Kamera depannya bakal memuaskan hasrat pecinta selfie. Resolusinya 20 MP, gaesss!
  • Didukung dengan 4 kameran belakang dengan ukuran 48 MP, 8 MP, 2MP dan 2 MP.
  • Dapur pacunya dilengkapi dengan salah satu prosesor terkuat di kelasnya, yaitu Snapdragon 860. Biasanya dipakai hp-hp mahal khusus gaming.
  • Nggak tanggung-tanggung, hp besutan POCO ini menyediakan dua pilihan; RAM 6 GB dan ROM 128 GB atau RAM 8 GB dan ROM 256 GB.
  • Baterai berkapasitas 5160 mAh dengan fitur fast charging 33W.
Baca fiturnya kok mendadak lemes, kenapa kemarin waktu beli hp, nggak pilih smartphone pilihan Pricebook ini aja ya?

D. Best Value Smartphone - High Performance

Pada sub kategori terakhir dari Best Value Smartphone, akankah kita menemukan kejutan lainnya? Kira-kira siapakah yang bakal jadi jawara di sub kategori ini?

Uhuk, meringis aku… beberapa bulan lalu sempat ngincer produk ini, tapi akhirnya gagal terbeli dan banting setir ke merk lain. Eh, ternyata jadi salah satu pilihan gadget terbaik ala Pricebook dong.
Xiaomi 11T!
Sebagai pengguna Xiaomi selama beberapa tahun, saat hp ini dirilis hatiku langsung kebat-kebit. Dibandingkan dengan pesaingnya, Xiaomi 11T punya spesifikasi jempolan dengan harga 5 jutaan saja.
best value smartphone high performance pricebook 2021
Mau tahu apa saja keunggulannya yang sempat bikin aku goyah beberapa bulan lalu?
  • Kamera utamanya pro grade 108 MP, masih ditambah dengan kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera tele macro 5 MP.
  • Bukan hanya dukungan resolusi tinggi, kamera Xiaomi 11T juga didukung fitur canggih, seperti teknologi 9-in-1 pixel binning dan fitur Dual Native ISO.
  • Didukung teknologi perekaman video yang disebut dengan "One-click AI Cinema" yang memungkinkan pengguna untuk melakukan beragam efek unik seperti Time Freeze, Freeze Frame, Magic Zoom, Parallel World, Night-time Lapse, Telemacro Video dan Slow Shutter.
  • Layar besar dengan ukuran 6.67 inci dengan panel AdaptiveSync AMOLED dan resolusi FHD+, bening banget pastinya.
  • Refresh refresh rate 120Hz, kecerahan 1000 nits, rasio kontras 5000000:1, dukungan HDR10+ dan proteksi layar Corning Gorilla Glass Victus.
  • Prosesor yang disematkan di dalamnya yaitu MediaTek Dimensity 1200-Ultra, dengan arsitektur 6nm, clock speed hingga 3 GHz dan memiliki klaim peredam panas dan performa yang stabil di kelasnya.
  • RAM 8GB, ROM 256 GB, baterai 5000 mAh, fast charging 67W yang bakal bikin proses pengisian baterai super cepat. Cukup dicharge selama 36 menit, langsung 100% baterainya!
  • Sudah mendukung teknologi 5G.
Dahlah, beneran kalau cari hp terbaik dengan fitur jempolan dan harga terjangkau, nggak usah lirik sana sini lagi, Xiaomi 11T aja sesuai rekomendasi dari Pricebook Editorial Choice 2021, pals.

2. Best Value Wearable Device

Setelah dibikin terkaget-kaget dengan jejeran hp terbaik ala Pricebook, makin penasaran dengan kategori lainnya?

Wokay deh langsung aja kita geber wearable terbaik sepanjang Januari-Oktober 2021 yang punya harga terjangkau, trendi, fitur paling lengkap dan pastinya paling banyak dicari di situs Pricebook. Here they are…

A. Best Value Smartwatch

Juara pada sub kategori ini yaitu realme Watch 2 Pro. Bukan tanpa sebab jika Pricebook memilihnya. Smartwatch ini punya 90 mode olahraga didukung dengan beragam fitur kesehatan yang oke punya. Sebut saja monitor oksigen darah dan detak jantung.
best value smartwatch pricebook 2021
Baterai besar dan bisa bertahan sampai 14 hari, punya GPS satelit ganda sehingga tingkat presisinya tinggi.

Nggak hanya speknya yang kece, harganya pun relatif terjangkau dan cocok di kantong rakyat. So, tertarik untuk mengadopsi produk wearable ini?

B. Best Value Smartband

Mi kembali menjadi pilihan nih. Buat pecinta produk Xiaomi patut berbangga. Selain ditilik dari harganya yang aman di kantong, desain dan spek Mi Smart Band 6 memang oke punya.
best value smartband pricebook 2021
Nggak salah kalau Pricebook memilihnya sebagai Best Value Smartband. Didukung dengan desain kece, speknya pun jempolan.

Memiliki sertifikasi 5ATM Water Resistant dan didukung 30 mode olahraga, Mi Smart Band 6 memang layak jadi juara.

C. Best Value TWS

Tahun ini aku juga sempat mencari referensi TWS. Gegara punya voucher di salah satu marketplace yang belum kugunakan dan pengen punya earphone yang lebih ringkas, aku pun menjatuhkan pilihan untuk membeli TWS beberapa bulan lalu.

Hmm, sayangnya TWS yang kubeli nggak jadi pilihan Pricebook nih. Karena Pricebook memilih realme Buds Air 2. 
best valuable wearable device tws pricebook 2021
Jadi penasaran kenapa produk ini yang dipilih. Kalian juga pengen tahu, pals?
  • Punya fitur Bass Boost+, cocok buat penggemar musik yang suka hentakan groovy.
  • Punya fitur Active Noise Cancelling (ANC) dan Dual Mic Noise Cancellation yang membantu saat beraktivitas, terutama ketika di luar ruangan.
  • Punya Gaming Mode.
  • Baterainya bisa bertahan sampai 25 jam.
Oke deh, takluk aku… pantas lah realme Buds Air 2 dipilih sama Pricebook jadi Best Value TWS.

Jadi gimana, pals… dari tiga wearable device di atas, adakah produk yang kalian incar? Atau malah ada yang punya salah satunya nih? Boleh dong share pengalaman menggunakan produk tersebut di kolom komentar ya.

3. Best Value Laptop

Pricebook Editorial Choice 2021 masih terus berlanjut nih. Kali ini kita akan beralih ke Best Value Laptop yang punya range harga 6 jutaan, tapi spesifikasinya oks punya untuk menemani school and work from home.

Bisa tebak produk apakah ini?

Lagi-lagi Mi menyabet gelar jawara, pals. Setelah jadi juara di deretan hp dan smartband terbaik, saudara sepupunya RedmiBook 15 terpilih sebagai laptop murah terbaik menurut situs pembanding harga nomor satu di Indonesia.
best value laptop pricebook 2021
Yuk, kita intip fitur-fiturnya apa saja sih…
  • Layar FHD berukuran 15.6 inci, punya fitur Anti-Glare sehingga terlihat tajam dari berbagai sisi. Juga dilengkapi dengan DC Dimming flicker-free yang aman buat mata meski ditatap berjam-jam lamanya.
  • Didukung prosesor Intel generasi 11, RAM 8GB dan SSD 256GB. Wuih mantap, jreng banget nih pasti performanya.
  • Punya port lengkap, webcamnya beresolusi 720HD bikin nggak insecure saat lagi ngezoom, dan dukungan dual speaker stereo 2 watt super jernih.
  • Baterainya bisa digunakan hingga 8 - 10 jam tanpa charging. Saat daya harus diisi, nggak perlu menanti lama karena didukung teknologi fast charging 65W. Hanya butuh waktu 33 menit untuk mencapai baterai 50 persen.
Dengan semua kegaharannya yang paripurna, laptop ini dibanderol dengan harga Rp 6 jutaan. Pantas saja deh kalau jadi jawara Best Value Laptop. Tertarik membelinya?

4. Best Value Brand

Setelah dibuat ternganga dengan pilihan laptop murah terbaik, yuk beralih ke kategori Best Value Brand yang terbagi menjadi lima sub kategori. Siap untuk mengetahui daftar pemenang pilihan Pricebook?

A. Best Value SmartTV Brand

Siapa yang selama pandemi jadi merasa gabut di rumah? Kalau yess, kita sealiran. Setelah bertahun-tahun baik-baik saja tanpa TV, di akhir tahun lalu kami memutuskan membeli SmartTV.

Produk SmartTV tuh buanyak banget, waktu memutuskan membeli salah satu brand, kami pun sempat melongok Pricebook buat cari referensi. Namun ternyata tahun ini Best Value SmartTV Brand jatuh pada TCL.
best value smartTV brand pricebook 2021
Wuih, ini cocok sama pendapat teman suami yang sering kasih rekomendasi produk elektronik. Doi bilang TCL adalah brand TV terbaik di kelasnya. Haruskah aku ganti TV, wkwk.

TCL memproduksi TV dengan berbagai jenis sejak 2008, sebut saja dari DTV, ATV, HDTV, FHD TV, Android TV, 4K UHD TV, hingga 8K QLED TV.

Jenis yang tersebut paling akhir saat ini jadi unggulannya TCL. Hal itu karena mereka menerapkan teknologi yang dinamai Trendsetting Quantum Dot dan Dolby Vision. Teknologi tersebut menghasilkan kecerahan, kontras dan ketajaman warna paling baik dibanding para pesaingnya.

Untuk harganya, TCL cukup bersaing. Belum lagi namanya juga makin meroket karena sering menjadi official partner untuk beragam event olahraga bergengsi.

B. Best IoT Brand

Dari semua pilihan situs pembanding harga nomor 1 di Indonesia, jujur sub kategori ini yang paling membahagiakan dan membuatku tersenyum lebar. Mau tahu kenapa?

Yeay, finally merk favoritku dipilih juga sama Pricebook! Best Value Brand sub kategori Internet of Things (IoT) goes to Samsung!
best value brand iot pricebook 2021
Kali ini aku setuju 100% sama pilihan Pricebook. Sebagai penggemar drakor yang sering melihat kecanggihan peralatan rumah pintar dari Samsung, aku selalu termehek-mehek melihat sinkronisasi antar device yang kece beud dengan hadirnya Samsung SmartThings.

Istimewanya, teknologi ini bukan hanya dibenamkan pada high-end device lo. Bahkan pada produk kelas entry dan mid-end pun SmartThings sudah bisa digunakan.

Sebut saja Samsung Galaxy A32. Hp besutan Samsung yang dibanderol dengan harga 3 jutaan ini sudah bisa lo mengakses SmartThings.

Untuk ukuran Samsung, Galaxy A32 jelas cukup murah. Dengan prosesor Helio G80, RAM 8GB dan ROM 128 GB, hp ini cukup gahar untuk mengakomodasi kinerja seorang content creator wannabe sepertiku.

Yess, aku sudah membuktikannya sendiri kok. Sejak beberapa bulan lalu Samsung Galaxy A32 sudah jadi teman kerja dan teman nonton yang sangat memuaskan.

C. Best Value ISP Brand - Affordable Data Package

Internet Service Provider (ISP) yang terpilih sebagai juara adalah 3 (tri). Pricebook memilihnya karena harganya yang terjangkau, serta jenis produk paket datanya yang beragam.
best value isp brand pricebook 2021
Teman kongkow bisa memilih paket sesuai kebutuhan, dari paket regular, paket gaming sampai paket media sosial, semuanya tersedia.

Salah satu temanku juga pernah merekomendasikan merk ini kepadaku saat aku otewe pindah rumah sementara tiga bulan lalu. 

D. Best Smart Home Brand

Ini produk smart home solution yang pengen banget kuhadirkan di rumah, tapi belum kesampaian hingga sekarang. Apalagi kalau bukan Bardi!
best value brand smart home solution 2021
Produk-produk Bardi sangat beragam. Selain itu, hal terpenting buat emak-emak irit; harganya terjangkau. Kapan lagi punya rumah pintar tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Semua produk keluaran Bardi bisa diintegrasikan dengan Google Home, Alexa, Siri, dan juga SmartThings. Tak hanya itu brand ini juga didukung dengan aplikasi personal bernama Bardi Smart Home yang berfungsi untuk otomatisasi semua produknya secara keseluruhan.

E. Price to Quality Brand

Juara terakhir dari deretan Best Value Brand jatuh pada realme. Bukan tanpa alasan jika Pricebook memilih realme sebagai Best Price to Quality Brand.

Sepanjang tahun 2021, realme aktif meluncurkan beragam produk smartphone hingga gawai berteknologi IoT di Indonesia. Kerennya, bukan hanya menghadirkan spek yang mumpuni, tetapi juga harga yang dibanderol selalu relatif terjangkau dibanding para kompetitor di kelasnya.

Smartphone dan produk IoT realme menyasar anak-anak muda sebagai pasar utama. Nggak heran jika desain, tampilan, fitur, teknologi dan kualitasnya kerap menjadi trendsetter.

Hanya realme yang punya smartphone mid-end dan entry level dengan dukungan baterai berukuran 5000 mAh, chipset gaming terbaik dan teknologi jaringan 5G yang super cepat. Hebatnya, semua keistimewaan ini dijual dengan harga yang aman di kantong.

Tambahan penting lainnya, realme juga pintar memilih ambassador untuk produknya. Ada Iqbal Ramadhan yang tenar lewat Dilan dan Bumi Manusia. Bahkan di film Netflix teranyarnya, Ali & Ratu-ratu Queens, Iqbal mempertontonkan adegan di mana ia menggunakan smartphone realme untuk memproduksi sebuah video.

Selain smartphone realme yang semakin banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, TWS realme juga masuk dalam pencarian terbanyak di Pricebook.
best value price to quality brand pricebook 2021
Nggak heran sih, dengan harga di bawah 1 juta, TWS realme Buds Air 2 sudah memiliki sertifikasi IPX5 sehingga tahan terhadap cipratan air, hujan, dan keringat. Tak hanya itu, TWS tersebut juga memiliki teknologi Dual Mic Noise Cancellation.

Beralih ke produk smartwatch, realme juga punya fitur premium yang bisa mendukung aktivitas workout harian dengan optimal. Pengguna realme smartwatch rata-rata cukup puas dengan fitur yang disematkan pada gawai tersebut, padahal harganya nggak lebih dari sejuta lo.

Semakin percaya diri dengan pasarnya, realme Indonesia pun merilis laptop realme book yang cukup bersaing di kelasnya. Dengan harga yang lebih terjangkau dibanding para pesaingnya, laptop besutan realme ini sudah dibekali dengan prosesor Intel generasi 11 lo.

Wow banget sih ya pencapaian realme tahun ini, nggak heran kalau Pricebook menobatkannya sebagai jawara pada sub kategori Price to Quality Brand 2021.

Pengen menyimak secara audio visual bagaimana Pricebook menentukan juara-juara di tiap kategori? Cuzz bisa simak videonya:  


Nah, gimana pals… sudah cukup terpuaskan dengan pilihan gadget terbaik dari situs pembanding harga nomor satu di Indonesia ini? Kalau aku puas banget, soalnya hpku disebut-sebut di dalamnya, wkwk.  

Buat kalian yang kepengen beli gawai baru tapi masih galau memutuskan pilihan, semoga Pricebook Editorial Choice 2021 ini bisa membantu ya. Sampai jumpa di daftar gadget terbaik edisi selanjutnya!***
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

40 comments

  1. Poco kayaknya mantul ya kak. Sering banget direkomendasikan nih si poco

    ReplyDelete
  2. Sepertinya tiap tahun pricebook membuat awards seperti ini. Bisa jadi panduan buat semuanya

    ReplyDelete
  3. Wow...infonya komplit dan detail banget, Mbak. Btw...Poco sepertinya lagi melangit ya.

    ReplyDelete
  4. Pricebook ini lengkap banget ya, penting buat yang mau beli gadget bisa lihat harga disini dulu nih terimakasih informasinya mbak

    ReplyDelete
  5. Saya naksir xiaomi 11T tapi harganya aduhai banget, cuma bisa gigit jari hahaah

    ReplyDelete
  6. Wih mantul ini harganya, cuma bisa mandangin sama ngiler dulu, nih. Semangat cari cuan dulu kalau mau beli.

    ReplyDelete
  7. Gadget pilihan team Pricebook ini emang mantul-mantul banget dah. Nggak salah pilih. Salah satunya produk smart home BARDI. Saya juga sudah pakai produk BARDI, kamera dan smart bulb ...

    ReplyDelete
  8. Kategorinya keren sekali. Tahun ini lebih bervariasi ya kak. Ada Best IoT juga.

    Harga ponsel pun makin murah dan speknya ga murahan. Pantas Pricebook bikin kategori hingga ponsel sejutaan.

    Ini yang menang tentu melalui proses riset mendalam ya kak. Pricebook tentu ga bisa seenaknya memilih pemenang. Kereenn.

    ReplyDelete
  9. Kebanyakan produk China yang masoook ke hati para juri dan pengguna ya mba wkkwkw. tp ngga heran sih, soalnya dia harganya terjangkau tapi specnya sama aja kayak yg mahal2 >.<

    ReplyDelete
  10. Realme dan Redmi bersaing ketat ya, gak hanya di smartphone, tapi di gadget lainnya juga, emang keren2 banget sih pilihan Pricebook 2021 ini, sesuai dengan pilihan pengguna ya mba :)

    ReplyDelete
  11. Belum terlalu akrab sama brand poco, tapi dapat kategori best value, jadi semakin penasaran pengin tahu lebih dalam smartphonenya

    ReplyDelete
  12. Huaaa, untuk ISP diraih oleh 3, keren juga nih, soalnya daku pengguna providernya hehe. Keren ada the best seperti ini

    ReplyDelete
  13. Iya, nih, aku pikir gawai tuh, cuma hp dan laptop. ternyata semua barang elektronik bisa disebut gawai, ya. Oke, siap!

    ReplyDelete
  14. seneng kalau ada kategori2 gitu mba.. bikin kita ada gambaran tentang gadget2 yang lagi ngetren plus peralatan elektronik lainnya juga.

    ReplyDelete
  15. Makasih, Mbak.. aku jadi tahu ada laptop RedmiBook..yaampun ke mana aja aku 🙈 sebenarnya butuh banget laptop baru, laptop suami jatuh dari lemari dan punyaku gampang overheat. Lihat2 harga laptop ko bikin mengkeret. Wkwkwkwk jadi curcol deh 😂
    Jadi pengen tahu lebih lanjut soal Redmibook nih

    ReplyDelete
  16. Enak dan praktis banget ya tinggal buka 1 situs ajq semua gadget yg recommended ada. Tinggal cari sesuai kebutuhan dan budget

    ReplyDelete
  17. Wah ternyata bisa cek harga TV juga, kirain cuma gadget. Dan bahkan bisa ngelihat di YouTube, FB, gak hanya di websitenya. Memang kalo beli gadget kudu membandingkan harga, spesifikasi, dan tentu fitur lainnya. Lebih enak dengan cara website atau sosial media Pricebook lainnya. Aku ingat dulu membandingkan harga berkunjung dari toko ke toko, hihihi

    ReplyDelete
  18. Asik nih website pembanding jadinya ya baru tahu inih, makasih bun rekomendasinya
    lagi pengen nyari tablet nih diriku, semoga ada rejeki bisa beli dan membandingkan harga di sini.

    ReplyDelete
  19. Xiaomi masih terdepan nih wkwk jawaranya gadget emang China menguasai nih kayaknya ya mbaa, tapi emang worth it lho buat orang yang ngga branded minded. Specnya udah oke dan bagus banget dengan harga di bawah merk2 lain.

    ReplyDelete
  20. Adanya Pricebook gino, membantu kita banget deh. Apalagi yang mau ganti smartphone, jadi tahu mana yang oke sesuai dg budget yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  21. Pricebook Editorial Choice 2021 emang mantab ya kak untuk rekomendasi produk terbaru dan terbaik. Apalagi harga gadget nya juga bersaing

    ReplyDelete
  22. saya nih Mbak, yang salah satu pinang PC di tahun 2021 ini, ya gimana, kita butuh gini kan agar bisa tetap kerja juga, anak juga mulai zoom kan jadi sekalian, apalagi kemarin laptop Paksu terpaksa pensiun tapi orangnya malah belum mau beli laptop baru. Hitung-hitung ternyata beli PC masih lebih terjangkau dana kami daripada beli laptop baru jadilah saya yang ngalah laptopku dipake beliau dulu sampe waktu yang tidak ditentukan. *eh malah curhat.

    belakangan si Paksu udah bilang mau cari laptop untuknya, eehh boleh nih rekomendasikan Redmibook 15 ke beliau, apalagi harganya masih masuk akal lah ya, speknya juga udah oke gini :)

    ReplyDelete
  23. aku pernah tau hp poco, pas temenku beli dan di posting di story sama tiktok, dan ternyata poco jadi best value smartphone yaa dari pricebook editorial choice, bisa jadi jalan ninja nih buat nyari referensi gadget

    ReplyDelete
  24. Kehadiran Pricebook editorial choice 2021 ini benar-benar membantu dalam memberikan rekomendasi gadget impian sesuai dengan budget yang dimiliki. Jadi tidak bakal bingung lagi mau pilih yang mana, tinggal ikuti saja rekomendasinya.

    ReplyDelete
  25. Sik asyik ada referensi gawai nih di pricebook beserta perbandingan harganya, btw si poco kayaknya cakep nih dengan harga terjangkau tapi speknya lumayan

    ReplyDelete
  26. Aku penasaran pengen coba bundling gadget pake pricebook editorial choice untuk referensi update gadget tahun depan biar gak salah pilih beli

    ReplyDelete
  27. klo mau nggak salah pilih gadget, baiknya lihat Pricebook Editorial Choice dulu ya mbak
    banyak ya hp mumpuni dgn harga terjangkau

    ReplyDelete
  28. mau mencari gadget terbaik ya kita harus menyimak editorial choicenya pricebook yaaaa, jadi bisa punya pertimbangan lebih mendetail sebelum memutuskan untuk membeli

    ReplyDelete
  29. Pricebook sangat membantu siapapun yang ingin mengetahui lebih detail perkembangan barang elektronik, salah satunya mengenai harga dan spesifikasi gadget. Jadi bagi yang ingin membeli gadget sebaiknya cek di pricebook dulu, agar tidak kebingungan mengenai harga maupun spesifikasi. Jadi belinya betul-betul sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan.

    ReplyDelete
  30. Detail banget kaa reviewnyaa. Jadi makin mengenal pricebook dan mayan teracun sama pemenangnya. Hehe. Kayaknya kualitas produknya tuh bagus bagus dan worth it.

    ReplyDelete
  31. pricebokk jadi andalan saya tiap mau hunting gadget nih. handphone, laptop dan tablet. speknya lengkap sampai bisa membandingkan tiap brand. milih jadi gak bingung lagi. yang bingung nyari duitnya, hehehe

    ReplyDelete
  32. Pricebook juga jadi salah satu andalanku untuk ngintip harga harga barang. Btw Aku juga keracunan POCO nih, tapi aku pakai yang POCO X3 NFC, harganya lebih murah karena chipsetnya juga lebiuh rendah tapi kameranya lebih bagus, kayanya gitu sih hehehe

    ReplyDelete
  33. Wkkw...kalau gadget sudah minta di lem biru, buru-buru mencari tahu informasi lengkap rekomendasi pricebook editorial choice ini...agar ada panduan dan tidak menyesal. Karena paling tidak gadget bisa digunakan untuk 3 tahun ke depan, khususnya smartphone.

    ReplyDelete
  34. Kok saya berasa kudet banget ya kak baru tau Pricebook sekarang.
    Klo gini mah gk bakal galau galau lagi

    ReplyDelete
  35. Tri operator seluler yang udah aku gunakan selama 10 tahun kwkwkw. Paketannya terjangkau dan fair banget sih

    ReplyDelete
  36. rekomendasi banget buat cari barang elektronik ya Bun, aku tri ini dari jaman kerja sampai sekarang udah tunan banget peknya enak murah

    ReplyDelete
  37. Wah pas!! Aku, lagi butuh referensi soal kulkas. Dan baru tahu lho kalau gadget itu ga cm soal hp dan laptop.

    ReplyDelete
  38. Saya ngidam Poco M3 Pro 8/256 GB

    ReplyDelete
  39. Gurih banget artikel nya,, mantap

    ReplyDelete

Post a Comment